Indonesia
Resmi, Prabowo Kalahkan Jokowi di Sulsel
Capres 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, menang di Sulawesi Selatan, ini total suaranya
Calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. (Foto: Antara)

Makassar - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan Presiden 2019 tingkat provinsi Sulawesi Selatan akhirnya selesai digelar pada Sabtu 18 Mei 2019 malam. Pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul atas pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.

Dari data hasil rekapitulasi, pasangan Prabowo-Sandiaga meraup 2.809.393 suara sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf memperoleh 2.117.591 suara. Prabowo unggul dengan selisih 691.802 suara.

"Alhamdulillah malam ini hasil rekapitulasi suara sudah rampung tinggal kami tetapkan," kata ketua KPU Sulsel Misnah M Attas saat rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi di hotel Harper, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dari data perolehan suara pilpres di Sulawesi Selatan, total suara sah sebanyak 4.926.984. Sementara jumlah suara yang tidak sah mencapai angka 98.205 suara dengan total keseluruhan angka pemilih 5.025.109.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya menang di empat kabupaten di Sulawesi Selatan. Empat kabupaten itu ialah Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Bone, dan Soppeng. Sementara 20 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Selatan dimenangkan pasangan Prabowo-Sandiaga.

Setelah melakukan penentapan penghitungan hasil rekapitulasi pilpres, KPU Sulsel berencana membawa hasil ini ke KPU RI pada Minggu 19 Mei 2019 dini hari.

"Kami akan berangkat subuh ke Jakarta. Besok jam 1 siang adalah jadwal yang disampaikan KPU RI untuk KPU Sulsel menyampaikan hasil pemilu di Sulsel," pungkasnya.

Penyelesaian proses rekapitulasi di Sulawesi Selatan sebelumnya juga sempat mengalami beberapa penundaan dikarenakan ada beberapa kabupaten dan kota di provinsi ini lambat menyetor hasil rekapitulasinya. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Seknas Jokowi Kecam Keras Pernyataan Abdul Somad
Sekjen Seknas Jokowi Dedy Mawardi mengecam keras pernyataan Ustad Abdul Somad mengenai salib dan jin kafir karena melecehkan simbol agama lain.