Resmi, Jokowi-Ma'ruf Pimpin Indonesia Periode 2019-2024

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyatakan bahwa Joko-Maruf resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden.
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma\'ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyatakan bahwa Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden seusai pembacaan sumpah jabatan.

"Dengan sumpah tersebut mulai hari ini Joko Widodo adalah presiden Republik Indonesia dan Ma'aruf Amin adalah wakil presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2019-2024," ucap Bamsoet sapaan akrabnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019.

Peresmian ditandai dengan penukaran kursi secara simbolik antara Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla dengan Wakil Presiden 2019-2024 Ma'ruf Amin.

Dengan demikian kata Bamsoet, Jokowi-Ma'ruf resmi menjabat terhitung sejak 20 Oktober 2019 sampai 20 Oktober 2019.

Sumpah Jabatan JokowiPresiden Joko Widodo mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jokowi-Ma'ruf lancar membacakan sumpah janji jabatannya menurut agama yang dianut masing-masing dalam sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Gedung DPR/MPR, Minggu, 20 Oktober 2019.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi.

Kemudian Jokowi-Ma'ruf melakukan penandatanganan berita acara pelantikan di depan 7 pimpinan MPR, yaitu Ketua MPR Bambang Soesatyo dan enam Wakil Ketua MPR; Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, dan Hidayat Nur Wahid, Ahmad Muzani, Fadel Muhammad, dan Arsul Sani. []

Berita terkait
Lancar Baca Sumpah, Jokowi Sah Jadi Presiden Periode 2
Presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Maruf resmi menjabat sebagai Kepala Negara RI masa bakti 2019-2024.
Arti Pepatah Bugis Dalam Pidato Pelantikan Jokowi
Presiden Jokowi menutup pidato pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 dengan pepatah adat Bugis. Apa artinya?
Saat Pidato Jokowi Sebut Prabowo dan Sandi Sahabat Baik
Presiden Joko Widodo resmi memimpin Indonesia dua periode seusai mengucapkan sumpah dan menyampaikan pidato pertama
0
Reformasi Arab Saudi dan Kemungkinan Normalisasi Hubungan dengan Israel
Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, lakukan sejumlah terobosan untuk perlahan ubah citra Arab Saudi di panggung internasional