UNTUK INDONESIA

Rem Blong, Bus Peziarah Sukabumi Kecelakaan di Tergo Kudus

BUs wisata yang mengangkut peziarah dari Sukabumi kecelakaan di Tergo, Kudus. Kecelakaan karena rem blong. Seluruh penumpang selamat.
Polisi meminta keterangan kru bus soal kecelakaan yang terjadi, Rabu, 2 Desember 2020. Bus pariwisata yang mengangkut peziarah Sukabumi tersebut rem blong saat melintasi jalan berkelok di Dawe, Kudus. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Sebuah bus pariwisata yang membawa rombongan peziarah asal Kota Sukabumi, Jawa Barat mengelami kecelakaan di jalan berkelok wilayah Desa Tergo, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah. Penyebabnya, bus mengalami rem blong. 

Kecelakaan tunggal tersebut terjadi Rabu, 2 Desember 2020 sekitar pukul 10.00 WIB. Beruntung 52 peziarah yang menjadi penumpang bus selamat dan tidak mengalami luka-luka.

Alhamdulillah penumpang semuanya selamat dan tidak mengalami luka-luka.

Kepala Unit Kecelakaan lalu Lintas Polres Kudus Inspektur Polisi Dua Firman Abit Prasetya membenarkan telah terjadi kecelakaan tunggal di Desa Tergo. Kecelakaan disebabkan bus mengalami rem blong saat melintas di turunan leter S Tergo.

"Bus bernomor polisi F 7591 OB itu membawa rombongan peziarah dari Kota Sukabumi, Jawa Barat. Rombongan tersebut habis ziarah di Makam Sunan Muria mau melanjutkan ziarah ke Jawa Timur," ujar Firman saat dikonfirmasi Tagar

Disinggung mengenai kronologi kecelakaan. Firman menjelaskan sekitar pukul 10.00 WIB bus berjalan di Jalan Dawe - Gembong dari arah utara ke selatan dengan kecepatan sedang. Saat melintas di turunan leter S Tergo, bus tiba-tiba mengalami rem blong dan oleng ke kanan.

Bus sempat menabrak pembatas jalan sebelum berhenti menghantam pohon. Kecelakaan ini mengakibatkan bodi depan bus penyok. "Bodi depannya saja yang rusak. Alhamdulillah penumpang semuanya selamat dan tidak mengalami luka-luka," kata Firman.

Baca juga: 

Terpisah, Kepala Polsek Dawe Ajun Komisaris Polisi Deni Dwi Noviandi mengatakan beberapa saat setelah kejadian bus telah dievakuasi, begitupun dengan penumpangnya. Bus tidak dapat meneruskan perjalanan wisatanya dan penumpang dialihkan ke bus pengganti.

"Ini menunggu bus pengganti dari Sukabumi. Bus ini nantinya pulang tidak melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur. Rombongan peziarah nantinya diangkut oleh bus pengganti," tutur dia. []

Berita terkait
Tiga Korban Kecelakaan Tol Cipali Dimakamkan Bersebelahan
Tiga korban kecelakaan tol Cipali dimakamkan bersebelahan di Pekalongan. Isak tangis mewarnai prosesi pemakaman.
Mimpi Ibu Korban, Sebelum Anaknya Kecelakaan di Tol Cipali
Soal kecelakaan di tol Cipali yang terjadi pada Senin, November 2020, ibu korban Vina Mutiara sempat memimpikan anaknya tenggelam.
Identitas Korban Meninggal Dunia Kecelakaan di Tol Cipali
Sepuluh orang meninggal dunia akibat tabrakan tiga kendaraan di jalan Tol cikopo- Palimanan. Satu korban meninggal dunia masih balita.
0
Begini Cara Buat Hotdog Ramen - Pizza - Chocolate Bar Pakai Indomie
Model Victoria Secret Kylie Jenner dan Rapper Wanita Cardi B pun turut andil mencoba cita rasa mi asal Tanah Air.