UNTUK INDONESIA
Relawan Sebut Menteri Jokowi Belum Cerminkan Nawacita
Bagi kelompok relawan nama-nama menteri yang sudah dipanggil belum memenuhi kriteria khususnya visi Nawacita.
Mantan Menkumham Yasonna Laoly tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta - Sampai hari kedua, Selasa, 22 Oktober 2019, sudah 33 orang dipanggil ke Istana Negara oleh Presiden Jokowi untuk menjadi calon menteri. Namun, bagi kelompok relawan nama-nama tersebut belum memenuhi kriteria khususnya visi Nawacita. 

Juru bicara Komite Penggerak Nawacita (KPN), Dedy Mawardi, mengatakan calon-calon menteri yang dipanggil Presiden Jokowi belum ada yang mencerminkan dan merepresentasikan konsep nawacita. "Sehingga kami khawatir ke depan justru program-program presiden tidak delivered,” kata Dedy dalam keterangan tertulis di Jakarta Selatan, Selasa, 22 Oktober 2019.

Johnny G PlateSekjen Partai NasDem Johnny G Plate tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, di Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Ia berharap Presiden Jokowi dapat mempertimbangkan kembali calon menteri yang belum masuk kriteria visi Nawacita. Ia mengingatkan, Juli 2019 saat pembubaran Tim Kampanye Nasional, Jokowi pernah memberikan sinyal relawan dapat mengajukan nama-nama calon menteri.

“Presiden sendiri pernah memberikan sinyal itu bahwa relawan juga dapat mengajukan menteri kepada Pak Jokowi. Faktanya dari komposisi menteri yang ada tidak ada satupun dari relawan,” katanya. []


Berita terkait
Dokter Terawan, Pengobat Stroke Calon Menteri Kesehatan
Kepala RSPAD, dokter Terawan, masuk jajaran kabinet Jokowi. Metode penyembuh stroke-nya ditentang IDI.
Daftar 33 Calon Menteri Jokowi Jilid Dua
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan nama-nama menteri kabinet kerja jilid dua telah selesai disusun.
Prabowo Subianto, dari Kopassus ke Menteri Pertahanan
Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan Presiden Jokowi memintanya untuk duduk di kursi kabinet kerja jilid dua periode 2019-2024.
0
Sultan Minta Sirip Malioboro Yogyakarta Ditata
Uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor akan berlanjut. Gubernur DIY Sri Sultan HB X minta siri-sirip Malioboro juga perlu ditata.