Yogyakarta, (Tagar 8/5/2018) - Relawan Anies Baswedan di Yogyakarta melakukan kunjungan ke sejumlah partai politik. Mereka bergerilya menggalang dukungan agar Gubernur DKI Jakarta ini diusung sebagai calon presiden pada Pemilu 2009 mendatang.

Relawan yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Yogyakarta (FMY) mengunjungi DPW PAN DIY, Selasa (8/5). "Kami bersilaturahmi ke DPW PAN dalam rangka menyerahkan pernyataan sikap FMY untuk mendorong Anies Baswedan Capres 2019," kata Koordinator FMY Iwan Setiawan, Selasa (8/5).

Dia mengungkapkan, Anies Baswedan merupakan sosok yang tepat memimpin Indonesia ke depan. Anies Baswedan dianggap sebagai tokoh muda yang visioner, bebas dosa politik masa lalu. Anies juga diterima oleh kaum muda milenial.

Namun, kata dia, untuk maju sebagai capres harus diusung oleh partai politik. "Makanya kita ingin bersiltaruhmai ke sejumlah partai politik," imbuhnya.

Menurut dia, dalam waktu dekat akan melakukan silaturahmi ke sejumlah partai untuk keperluan serupa. Selain PAN, FMY akan mendorong dukungan ke PKS, Gerindra dan PBB.

"Mengapa tidak ke PDIP, karena kami menilai partai-partai tersebut (PAN, PKS, Gerindra, PBB) bisa dibilang oposisi," jelas Iwan.

Ketua DPW PAN DIY Nazaruddin mengapreasi silaturahmi FMY. Pernyataan FMY soal dukungan ke Anies Baswedan akan disampaikan ke pusat. "Tapi prinsipnya sesuai hasil Rakernas di Bandung, PAN sudah resmi mengusung Ketua Umum Zulkifli Hasan," jelasnya.

Menurut dia, sampai saat ini politik bergerak dinamis. Keputusan PAN siapa yang akan diusung sebagai capres, akan ditentukan pada Munas yang rencananya digelai Mei mendatang. "Kita tunggu hasilnya," imbuhnya. (ans)