UNTUK INDONESIA
Rapid Test Murah bagi Penumpang KA Jarak Jauh
Rapid test murah bagi calon penumpag kereta api di sejumlah stasiun. Di Stasiun Tugu Yogyakarta juga akan melayani tes cepat seharga Rp 85.000 itu.
Ilustrasi rapid test (Foto: Humas Pemda DIY)

Yogyakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan rapid test murah, hanya seharga Rp 85.000 di berbagai stasiun bagi pelanggan yang akan naik kereta api jarak jauh.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengutip pernyataan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengungkapkan, layanan ini disediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru. "Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya," katanya, Minggu, 26 Juli 2020.

Eko mengatakan, untuk sementara waktu PT KAI Daop 6 Yogyakarta bersama PT RNI akan menyelenggarakan layanan rapid test dengan harga terjangkau di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan. Layanan rapid test ini tersedia dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB. "Pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA jarak jauh," ungkapnya.

Dia mengatakan, rapid test dimulai dari stasiun ujung Jakara, yakni Gambir dan Pasar Senen pada Senin 27 Juli 2020. Untuk Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan diusahakan secepatnya. "Adapun lokasi rapid test untuk Stasiun Yogyakarta berlokasi di ruang tunggu selatan Jalam Pasar kembang. Untuk Stasiun Solobalapan berlokasi di hall stasiun," kata Eko.

Pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA jarak jauh.

Selain stasiun yang disebut di atas, rapid test digelar di sejumlah stasiun lainnya; yakni Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang. Pelaksaannya secara bertahap. "Pada tahap awal, layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen mulai Senin, 27 Juli," ungkapnya.

Menurut Eko, layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api. Harapannya mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan.

Untuk informasi tentang layanan rapid test di Stasiun, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], sosial media KAI 121, dan [email protected] []

Berita terkait
Daop 6 Yogyakarta Menambah Operasional KA Prameks
Daop 6 Yogyaarta mulai menambah opersional perjalnan kereta api jarak jauh dan dekat, salah satunya KA Prameks.
Daop 6 Yogyakarta Resmi Tak Layani Mudik Lebaran
Daop 6 Yogyakarta memastikan tidak mengoperasikan kereta jarak jauh hingga 30 Mei mendatang. Artinya tidak akan melayani mudik Lebaran.
Daop 6 Yogyakarta Batalkan Semua KA Jarak Jauh
Daop 6 Yogyakarta membatalkan semua perjalanan KA baik dari barat dan timur mulai 25 April 2020 hingga sepekan ke depan.
0
Ma'ruf Amin: Indonesia Hanya Jadi Tukang Stempel Produk Halal
Indonesia merupakan pasar yang sangat menentukan dalam perdagangan produk halal. Namun selama ini hanya sebatas pemberi label halal.