Bandung - PS Tira Persikabo meraih sukses setelah menahan Persib Bandung 1-1 di pertandingan Liga 1, Selasa 18 Juni 2019. Hasil yang memuaskan bagi PS Tira karena mereka mampu meraih satu poin di kandang Persib. 

Pelatih PS Tira Rahmad Darmawan mengungkapkan tak mudah bagi tim mana pun meraih poin di kandang Persib. Namun RD, ingin timnya bisa mendobrak anggapan sulit menang atau minimal mendapatkan satu poin saat menyambangi markas Maung Bandung

Rahmad pun sudah menyiapkan strategi menghadapi Persib. Seperti dikutip dari Antara, Rahmad ingin pemain fokus di laga sarat emosi ini. Pasalnya, Persib dan Persikabo Bogor yang kini bersinergi dengan PS Tira merupakan dua tim bertetangga yang sudah lama menjalin perseteruan di lapangan hijau. Ini yang menjadikan PS Tira bakal mendapat tekanan mental di laga tersebut. 

"Saya sudah mengingatkan kepada pemain untuk siap menghadapi tekanan, baik secara taktikal maupun dari penonton. Pemain harus fokus karena ini laga emosional. Dan, pemain memang sepenuhnya siap di laga tersebut," kata Rahmad. 

Tidak ada hal lain yang istimewa yang saya berikan pada pemain. Saya hanya mencoba memotivasi karena tanpa itu kami akan sulit melawan Persib di kandang mereka

Tak hanya itu. Pertahanan kukuh juga menjadi kunci di laga tersebut. Mereka tampil disiplin mengawal pertahanan PS Tira. Meski akhirnya kebobolan satu kali, namun pemain Persib tetap kesulitan menembus pertahanan mereka.  

“Tidak ada hal lain yang istimewa yang saya berikan pada pemain. Saya hanya mencoba memotivasi karena tanpa itu kami akan sulit melawan Persib di kandang mereka," ujarnya. 

Di laga itu, PS Tira menciptakan gol pada menit keempat melalui Loris Arnaud. Gol cepat itu sempat membuat konsentrasi pemain Persib terganggu. Meski demikian, usaha mereka akhirnya memberikan hasil menjelang akhir babak pertama. Gol bek Bojan Malisic menjadikan skor imbang 1-1 yang bertahan sampai akhir pertandingan. 

Sementara, bek PS Tira Guntur Triaji mengungkapkan mental pemain sudah teruji karena mereka mampu bermain baik meski mendapat tekanan dari suporter tuan rumah. Ini menjadi modal penting PS Tira saat melakoni laga kandang. 

"Pemain tampil bagus meski menghadapi tekanan saat bermain main di hadapan ribuan pendukung Persib. Saya berharap di pertandingan selanjutnya, terutama di kandang sendiri kami bisa meraih kemenangan," kata Guntur. 

Hasil itu menjadikan posisi kedua tim langsung naik ke papan tengah. PS Tira menempati enam dengan poin empat. Sedangkan Persib yang memiliki poin sama menduduki peringkat lima. []

Baca juga: