Rahasia Kontrak Baru Lionel Messi dengan Barcelona

Pemain bernomor punggung 10 itu pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang masa tinggalnya di klub Catalan
Lionel Messi dengan seragam Barcelona (Foto: marca.com/AP)

Oleh: Euan McTear

Suporter Barcelona mampu bangkit dengan langkah ekstra pada Kamis, 15 Juli 2021, pagi, menyusul laporan pada Rabu, 14 Juli 2021, bahwa pemain bernomor punggung 10 itu pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang masa tinggalnya di klub Catalan.

Messi telah berada di Barcelona sejak tahun 2000, tetapi saat ini berstatus bebas agen setelah kontrak terakhirnya berakhir pada 30 Juni 2021. Namun, pemain Argentina itu ingin bertahan di Camp Nou. Satu tahun setelah dia mengirim burofax ke pemerintahan Josep Maria Bartomeu untuk mencoba pergi, Messi sekali lagi puas dan juara Copa America yang baru dinobatkan itu berharap untuk bersaing memperebutkan trofi klub dengan seragam klub Blaugrana baru pada 2021/2022.

Tapi, kenapa belum ada pengumuman resmi? Apa yang masih perlu diselesaikan agar kesepakatan ditandatangani, disegel, dan dikirim? Inilah beberapa pertanyaan kunci dari kontrak baru Messi.

- Kontrak baru sang pemain diharapkan menjadi kontrak lima tahun yang akan menghubungkannya dengan klub Catalan hingga 2026. Namun, secara luas diperkirakan bahwa pemain bernomor 10 itu hanya akan benar-benar bermain untuk tim LaLiga Santander selama beberapa tahun ke depan.1. Lima tahun itu bisa jadi dua - Kontrak baru sang pemain diharapkan menjadi kontrak lima tahun yang akan menghubungkannya dengan klub Catalan hingga 2026. Namun, secara luas diperkirakan bahwa pemain bernomor 10 itu hanya akan benar-benar bermain untuk tim LaLiga Santander selama beberapa tahun ke depan.

messi incar rekor peleLionel Messi dengan seragam kapten timnas Argentina di Copa America 2021 di Brasil (Foto: marca.com/EFE)

Dia kemudian bisa pindah ke MLS dan bertindak sebagai duta klub, tetap di gaji Blaugrana. Intinya, klub akan bisa menyebarkan uang kontrak terakhir Messi selama beberapa tahun.

- Kontrak penyerang sebelumnya bernilai lebih dari 500 juta euro dan merupakan yang paling menguntungkan dalam sejarah olahraga profesional. Agar Messi bertahan, mengingat masalah pandemi virus corona (Covid-19) dan mengingat situasi keuangan Barcelona yang sudah rumit, jelas bahwa pemotongan gaji besar akan diperlukan.2. Pemotongan gaji Messi - Kontrak penyerang sebelumnya bernilai lebih dari 500 juta euro dan merupakan yang paling menguntungkan dalam sejarah olahraga profesional. Agar Messi bertahan, mengingat masalah pandemi virus corona (Covid-19) dan mengingat situasi keuangan Barcelona yang sudah rumit, jelas bahwa pemotongan gaji besar akan diperlukan.

Laporan pada hari Rabu, 14 Juli 2021, berbicara tentang pengurangan gaji sekitar 50%. Itu akan menjadi bantuan besar bagi klub Catalan, bukan hanya karena itu membuat kontrak Messi sendiri lebih layak, tetapi karena contoh yang diberikannya kepada pemain berpenghasilan tinggi lainnya dalam skuad bisa menjadi signifikan.

- Bahkan dengan pemotongan gaji besar Messi, kesepakatan ini masih belum melewati garis finish. Barcelona perlu mendaftarkan Messi dan rekrutan musim panas lainnya - seperti Memphis Depay, Sergio Aguero dan Eric Garcia - melalui LaLiga dan mereka harus memenuhi persyaratan pengeluaran liga.3. Kontrol ekonomi LaLiga - Bahkan dengan pemotongan gaji besar Messi, kesepakatan ini masih belum melewati garis finish. Barcelona perlu mendaftarkan Messi dan rekrutan musim panas lainnya - seperti Memphis Depay, Sergio Aguero dan Eric Garcia - melalui LaLiga dan mereka harus memenuhi persyaratan pengeluaran liga.

Dengan persyaratan ini berdasarkan pendapatan dan tabungan, dan dengan Barcelona berjuang di kedua bidang tersebut, masih akan menjadi perjuangan besar untuk memastikan semua potongan jigsaw cocok bersama dengan benar. Sekali lagi, inilah mengapa pembayaran yang dilakukan kepada Messi tersebar selama beberapa tahun.

Meski begitu, Barcelona harus mengosongkan ruang lebih jauh dari buku mereka sebelum mereka dapat secara resmi mendaftarkan Messi dan semua pemain baru mereka.

- Barcelona telah menyelesaikan beberapa gaji dengan pindah ke Trincao, Junior Firpo, Konrad de la Fuente, Jean-Clair Todibo dan Carles Alena. Tapi, ini seperti memasukkan uang ke celengan dan berharap itu akan terbukti cukup untuk menabung untuk Ferrari.4. Para pemain yang harus memberi jalan - Barcelona telah menyelesaikan beberapa gaji dengan pindah ke Trincao, Junior Firpo, Konrad de la Fuente, Jean-Clair Todibo dan Carles Alena. Tapi, ini seperti memasukkan uang ke celengan dan berharap itu akan terbukti cukup untuk menabung untuk Ferrari.

Untuk mengosongkan ruang yang dibutuhkan Messi, seorang bintang besar harus pergi. Para pemain yang paling mungkin melakukannya adalah Philippe Coutinho, Ousmane Dembele atau Antoine Griezmann, dengan yang terakhir dikaitkan dengan kesepakatan pertukaran untuk kembali ke Atletico Madrid menggantikan Saul.

messi di laga dng kolombia copa americaLionel Messi sebagai kapten timnas Argentina di laga semifinal Copa America 2021 melawan Kolombia (Foto: marca.com/EFE)

Barcelona kemudian harus menemukan cara untuk mendaftarkan Saul juga, tetapi dia adalah pemain yang telah lama mereka kagumi dan pemain yang diberi hak penolakan pertama ketika mereka menjual David Villa ke Atleti pada tahun 2013.

- Seperti halnya kontrak Messi, Barcelona harus berhati-hati dengan kontrak lain yang mereka pegang dengan berbagai sponsor mereka. Fakta bahwa Messi secara teknis bukan pemain Blaugrana saat ini dapat menyebabkan beberapa masalah dalam hal menggunakan pemain Argentina itu dalam promosi.5. Sponsor ingin kesepakatan dilakukan sesegera mungkin - Seperti halnya kontrak Messi, Barcelona harus berhati-hati dengan kontrak lain yang mereka pegang dengan berbagai sponsor mereka. Fakta bahwa Messi secara teknis bukan pemain Blaugrana saat ini dapat menyebabkan beberapa masalah dalam hal menggunakan pemain Argentina itu dalam promosi.

Sponsor, secara logis, tidak menyukai ketidakpastian ini atau penantian untuk bisa bekerja dengan Messi lagi. Mereka ingin kontrak baru diratifikasi sesegera mungkin dan Barcelona juga akan melakukannya, terutama karena beberapa kontrak dengan sponsor klub besar akan berakhir pada 2021.

Namun, untuk saat ini, semua yang terlibat dengan Barcelona hanya bisa bersabar. Ada kesepakatan yang prinsipal. Sekarang, para pengacara dan akuntan harus menandai beberapa hal dan melewatinya (marca.com). []

Berita terkait
Lionel Messi Capai Kesepakatan dengan Barcelona
Lionel Messi telah setuju kontrak baru dengan Barcelona, gaji pemain Argentina itu di Barcelona akan dipotong 50%
PSG Dikabarkan Menyerah untuk Datangkan Lionel Messi
Neymar tidak akan mendapatkan keinginannya bermain dengan Lionel Messi di PSG karena PSG tidak bisa menggaet Messi.
Lionel Messi Masuk 5 Kandidat Peraih Trofi Ballon d'Or 2021
Keberhasilan di Copa America membuat Lionel Messi sebagai kandidat yang serius sebagai pemain yang akan menerima trofi Ballon dOr 2021
0
Rahasia Kontrak Baru Lionel Messi dengan Barcelona
Pemain bernomor punggung 10 itu pada prinsipnya telah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang masa tinggalnya di klub Catalan
Misteri Angka 13