UNTUK INDONESIA
Ragam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa Timur
Kota Blitar di Jawa Timur menyimpan sejumlah kuliner tradisional yang menawarkan cita rasa yang khas.
Ragam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa Timur (Foto: krisnaferdiansyah)

Jakarta - Blitar yang berada di Provinsi Jawa Timur merupakan daerah asal mendingan mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia (RI) Johannes Baptista Sumarlin. Daerah ini ternyata menyimpan beberapa kuliner tradisional yang menggugah selera.

Cita rasa tradisional kental terasa, perpaduan bumbu dan rempah menyatu dalam satu suapan. Berikut Tagar rangkumkan lima kuliner khas Blitar yang bisa menjadi pilihan.1

1. Nasi Ampok

Nasi AmpokRagam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa Timur (Foto: wisatakuliner182.wordpress)

Nasi Ampok salah satu kuliner tradisional khas Blitar, Jawa Timur yang sudah eksis sejak dulu. Berupa nasi berbahan dasar jagung menggantikan beras sebagai makanan pokok.

Untuk memperkaya cita rasa nasi jagung, bisa menambahkan sambal tomat, sayur rebus, serta ikan asin.

Nasi ampok bisa ditemui di sekitaran alun-alun Kota Blitar dengan harga Rp 4 ribu setiap porsinya.

2. Rujak Cingur

Rujak CingurRagam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa Timur (Foto: krisnaferdiansyah)

Rujak Cingur juga menjadi salah satu makanan tradisional khas Kota Blitar. Keistimewaannya, menggunakan cingur atau lidah sapi sebagai bahan utamanya.

Cingur kemudian dipadukan dengan berbagai macam buah dan sayuran, seperti mentimun, bengkuang, nanas, mangga muda, kedondong, lontong, tahu, tempe, tauge, kacang panjang, dan kangkung.

Setelah itu, disiram menggunakan bumbu yang terbuat dari petis udang, gula merah, kacang tanah, cabai, dan potongan pisang klutuk.

Kekayaan cita rasa rujak cingur menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Rasa manis, gurih, dan pedas seakan memanjakan mulut penikmatnya.

3. Wajik Klentik

Wajik KletikRagam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa Timur (Foto: oodabliblitar.files.wordpress)

Wajik klentik biasa dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan. Berbahan utama beras ketan, dicampurkan gula dan kelapa, lalu dibungkus dengan menggunakan daun jagung kering.

Menawarkan rasa manis dan gurih, didukung dengan tekstur yang legit, menjadikan cemilan ini tak pernah absen di acara penting seperti hajatan.

4. Geti

GetiRagam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa Timur (Foto: enaknyakemana)

Selain wajik klentik, geti juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Blitar. Jajanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar gula merah, kacang, dan wijen.

Geti juga menjadi salah satu makanan yang sering disajikan saat acara-acara penting, seperti lebaran. Rasanya yang manis dan gurih, serta teksturnya yang lengket menjadi sensasi dan daya tarik tersendiri.

5. Es Drop

Es DropRagam Kuliner Tradisional Khas Blitar Jawa (Foto: ksmtour)

Tidak jauh berbeda dengan es krim pada umumnya, es drop identik dengan bungkusannya yang menggunakan kertas, kemudian disimpan dalam termos agar tidak mudah mencair.

Pedagang es drop biasanya memakai termos berwarna merah, bisa ditemukan di Makam Bung Karno, alun-alun Blitar, dan tempat wisata lainnya. []

Berita terkait
Kuliner Khas Cianjur dengan Cita Rasa Otentik Sunda
Cianjur yang berada di Provinsi Jawa Barat, asal presenter Allan Wangsa menyajikan beberapa kuliner tradisional dengan cita rasa otentik sunda.
Lima Kuliner Jalanan Khas Jombang
Daerah asal Salahuddin Wahid atau akrab disapa Gus Sholah di Jombang, Jawa Timur memiliki banyak kuliner Jalanan lezat.
Kuliner Khas Surabaya dengan Cita Rasa Tradisional
Surabaya memiliki beberapa kuliner khas dengan cita rasa tradisional yang bakal mengoyang lidah. Mau tahu apa saja kulinernya?
0
Tambah Tiga, Total Positif Covid-19 di NTB 233 Orang
Tiga sampel kasus baru positif Covid-19 di NTB. Jadi jumlah pasien positif Covid-19 menjadi 233 orang.