Barcelona, (Tagar 4/12/2017) - Barcelona FC bertekad meraih poin penuh untuk mengakhiri fase grup Liga Champions saat melawan wakil Portugal, Sporting CPdi Camp Nou, Rabu (6/12) dini hari.

Selama di Liga Champions musim ini, Barcelona tampil gemilang  di fase grup. Mereka menang terus di lima  pertandingan terakhir dan bertengger di puncak klasemen grup D dengan koleksi 11 poin dan lolos ke fase knockout.

Namun, posisi Barcelona tetap terancam, lantaran Juventus masih mengintai Barca dengan raihan 8 poin. Jika Juve menang besar melawan Olympiacos dan Barca kalah, maka posisi Barca sebagai pemuncak grup akan tergeser.

Dalam pertemuan pertama yang digelar di Portugal, Barcelona hanya menang  tipis 0-1. Laga versus Sporting di Camp Nou, Rabu lusa akan menjadi duel berat bagi Barca.

Sedangkan bagi Sporting, duel ini menjadi laga habis-habisan karena  mereka hanya berjarak 1 poin dari Juventus yang berada di peringkat kedua.

Jelang laga ini, sejumlah pemain pilar Barca didera cedera, seperti  Andres Iniesta, Ousmane Dembele dan Javier Mascherano. Pelatih Barca, Valverde, mungkin akan melakukan sejumlah rotasi untuk menjaga kondisi pemainnya.

Valverde kemungkinan akan menggunakan skema 4-3-3 pada laga ini,  Luis Suarez akan memimpin lini serang bersama Paco Alcacer dan Gerard Deulofeu.

Di kubu Sporting CP, pasukan Jorge Jesus  tak punya masalah dengan cedera. Hanya Jonathan Silva yang harus absen karena cedera.

Jorge Jesus mungkin akan memakai  skema 4-4-1-1,  Bruno Fernandes akan menjadi penyerang bayangan dari Bas Dost selaku striker utama. Duet Jeremy Mathieu dan Andre Pinto akan meredam lini serang Barcelona.

Perkiraan susunan pemain

Barcelona (4-3-3): Cillessen; Digne, Vermaelen, Pique, Semedo; D.Suarez, Rakitic, Paulinho; Alcacer, L.Suarez, Deulofeu

Sporting CP (4-4-1-1): Patricio; Coentrao, Mathieu, Pinto, Piccini; Cesar, Carvalho, Battaglia, Martins; Fernandes; Dost. (dbs/wwn)