UNTUK INDONESIA
PUPR Bangun Rumah Khusus untuk TNI AD di Manokwari
Kementerian PUPR membangun 45 rumah khusus untuk anggota TNI AD di Kabupaten Manowari, Papua Barat.
PUPR Bangun Rumah Khusus untuk TNI AD di Manokwari. (Foto: dok. Bagian Hukum dan Komunikasi Ditjen Perumahan Kementerian PUPR)

Papua Barat - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan membangun 45 rumah khusus untuk anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) Kodam Kasuari XVIII di Kabupaten Manowari, Papua Barat.

Anggaran yang kami siapkan untuk pembangunan 45 rumah khusus tersebut adalah Rp 4, 78 miliar.

"Spesifikasi rumah khusus yang kami bangun untuk anggota TNI di Kodam Kasuari XVIII adalah tipe 36 sebanyak 45 unit," ujar Kepala Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat, Phiter Pakabu, beberapa waktu lalu, dikutip dari Bagian Hukum dan Komunikasi Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. 

Phiter mengatakan spesifikasi teknis bantuan rumah khusus di Batalyon Infantri 761 dengan konsep rumah tumbuh, dikembangkan dari type 36 menjadi type 45 (kopel 1:2:1), sesuai standar rumah dinas TNI.

Berdasarkan data SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat, bantuan rumah khusus untuk TNI AD di Kodam Kasuari XVIII Provinsi Papua Barat berada di dua lokasi. Sebanyak 20 unit berada Kampung Ullong, bagi anggota TNI yang berdinas di Koramil Kabupaten Pegunungan Arfak. Kemudian sebanyak 25 unit dibangun di Batalyon Infantri 761 Kibibor Akinting di Warmare, Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari.

"Anggaran yang kami siapkan untuk pembangunan 45 rumah khusus tersebut adalah Rp 4, 78 miliar," ucap Phiter.

Panglima Kodam Kasuari XVIII Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau menyampaikan terima kasih kepada Menteri PUPR, karena telah memenuhi kebutuhan hunian bagi para prajurit TNI yang bertugas di wilayah Papua Barat.

"Kami berharap ke depan pemerintah dapat memenuhi kebutuhan perumahan yang layak huni baik berupa rumah susun maupun rumah tapak bagi prajurit TNI di wilayah Kodam Kasuari XVII. Kami siap untuk menyediakan lokasi atau lahan pembangunan perumahan," tutur Joppye.[]

Berita terkait
Ditjen Perumahan Salurkan Bansos PUPR Peduli Covid-19
Keluarga besar Direktorat Jenderal Perumahan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan PUPR Peduli Covid-19.
PUPR Salurkan Bansos Sembako Serentak di 34 Provinsi
Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19, Kementerian PUPR Salurkan Bansos 56.125 Kantung Sembako Secara Serentak di 34 Provinsi.
Kementerian PUPR Bedah 3500 Rumah Di Sulawesi Barat
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk mengurangi jumah rumah tak layak huni melalui program BSPS.
0
Jet Miliknya Sempat Tertahan, Ronaldo Bisa ke Italia
Bintang Juventus Cristiano Ronaldo sempat tak mendapat kepastian pulang ke Italia setelah jet miliknya tak bisa terbang dari Madrid.