Pemerintah Kota Makassar

Punya Bercak Gelap di Kulit? Ini Cara Cepat Atasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan sebuah kondisi munculnya bercak-bercak gelap pada kulit. Berikt cara mengatasinya dengan cepat dan mudah dilakukan.
Ilustrasi – Hiperpigmentasi kulit. (Foto: Tagar/Pexels/Angela Roma)

Jakarta – Hiperpigmentasi merupakan sebuah kondisi munculnya bercak-bercak gelap pada kulit yang terjadi akibat terjadinya produksi melanin yang berlebih di dalam tubuh. Meskipun tidak berbahaya, bercak ini dapat mengganggu penampilan seseorang karena umumnya muncul di bagian-bagian tubuh tertentu, seperti di area wajah, leher, tangan, lengan, kaki, hingga alat kelamin.

Hiperpigmentasi tidak hanya diidap oleh para wanita, namun juga pada pria. Kondisi kulit ini dapat muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari, penuaan kulit, penggunaan obat tertentu, kehamilan, zat besi yang berlebih, dan penyakit Addison.

Meski bukan termasuk kondisi berbahaya, Anda perlu mewaspadai hiperpigmentasi yang menyebar secara cepat, berbentuk tidak beraturan, terdapat luka di bercaknya, atau disertai rasa nyeri, gatal, dan mudah berdarah karena mungkin menandakan terjadinya kanker kulit. Untuk meminimalisir munculnya hiperpigmentasi pada kulit, berikut beberapa cara yang patut Anda ketahui.


1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Hiperpigmentasi umumnya terjadi akibat paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, Anda perlu mengaplikasikan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit dan menghentikan hiperpigmentasi yang lebih gelap.


2. Gunakan lidah buaya

Senyawa aleosin yang terdapat dalam lidah buaya ternyata mampu meringankan hiperpigmentasi dengan cara menghambat produksi melanin di kulit. 

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Cosmetic and Laser Therapy menyebutkan lidah buaya juga mampu mengurangi melasma yang terjadi pada ibu hamil.


3. Gunakan ekstrak licorice

Berdasarkan studi dalam jurnal Fitoterapia, ekstrak licorice atau glabridin terbukti mampu meringankan hiperpigmentasi karena mengandung zat anti-inflamasi, antioksidan, dan pemutih kulit. Glabridin dapat Anda temukan dalam bentuk produk yang dipasarkan di toko obat-obatan.


4. Gunakan teh hijau

Tidak hanya untuk kecantikan, teh hijau juga terbukti dapat mengatasi melasma dan mengurangi sunburn yang terjadi akibat paparan sinar matahari. 

Penggunaannya sangat mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh hijau selama 3-5 menit, lalu oleskan pada daerah kulit yang mengalami hiperpigmentasi.


5. Penggunaan obat topikal

Hiperpigmentasi juga dapat diatasi dengan penggunaan obat topikal atau salep kulit yang mengandung bahan-bahan, seperti asam azelaic, hydroquinone, retinoid (fretinoin), vitamin C, asam kojik, dan kortikosetroid.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih
Maka dari itu kita harus memperhatikan kulit tubuh, yuk simak cara-cara merawat kulit agar tetap sehat.
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Kulit Wajah
Memang jerawat cepat hilang tetapi bekas jerawat akan terus berada di kulit lebih lama dibanding jerawat itu sendiri.
Cara Memilih Foundation yang Tepat untuk Warna Kulit
Tidak sedikit dari orang-orang yang menggunakan foundation ini merasa sulit menemukan produk yang tepat untuk warna kulit.
0
Punya Bercak Gelap di Kulit? Ini Cara Cepat Atasi Hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi merupakan sebuah kondisi munculnya bercak-bercak gelap pada kulit. Berikt cara mengatasinya dengan cepat dan mudah dilakukan.