UNTUK INDONESIA
PSBB Hari ke-2, Penumpang Angkutan Umum Turun 99%
Jumlah penumpang moda transportasi umum di Jawa Timur turun hingga 99 persen di hari kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Pemprov Jatim/Tagar)

Surabaya - Jumlah penumpang moda transportasi umum di Jawa Timur turun hingga 99 persen di hari kedua penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bahkan ada yang turun 100 persen.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membeberkan, moda transportasi jenis kereta api,  jumlah penumpang yang naik dan turun di Surabaya turun drastis hingga 95 persen. Penurunan jumlah penumpang ini karena masyarakat mematuhi larangan pemerintah pusat agar untuk sementara tidak mudik untuk memutus mata rantai sebaran virus corona Covid-19.

Jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya turun mencapai 99 persen

Baca Juga: Jelang PSBB, 3 Daerah di Jatim Zero Positif Covid-19 

"Penumpang yang turun di stasiun kereta api turun. Kita bisa melihat ada kaitan erat dengan larangan mudik," kata Khofifah di Grahadi, Rabu, 29 April 2020.

Hanya kapal yang mengangkut logistik saja yang masih beroperasi

Begitu juga halnya moda transportasi laut. Jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya turun mencapai 99 persen. Penumpang turun karena kapal-kapal tidak melayani angkutan orang. Kapal-kapal dari pulau-pulau yang akan ke area PSBB itu tidak menjual tiket.

"Berarti ke Gresik maupun ke Surabaya mereka tidak lagi menjual tiket dari pelabuhan asal. Hanya kapal yang mengangkut logistik saja yang masih beroperasi," tuturnya

Penurunan jumlah penumpang juga terjadi di pesawat terbang. Bahkan penurunan penumpang yang naik dan turun di Bandara Juanda sangat tajam hingga 100 persen. Mengingat saat ini memang tidak ada penerbangan domestik, kecuali yang berkaitan dengan logistik.

Sementara jumlah kendaraan roda dua yang menuju Surabaya menurun 12,96 persen. Begitu pula dengan kendaraan roda empat, merosot hingga 22,2 persen.

Simak Pula: Polda Jatim Contoh Jakarta Terapkan Sanksi PSBB 

"Jumlah kendaraan roda dua yang ke luar masuk Surabaya turun 12,96 persen, dan kendaraan roda empat yang ke luar masuk Surabaya turun 22,2 persen," kata Khofifah. []

Berita terkait
Pemkot Surabaya Tunggu Pemprov Jatim Terapkan PSBB
Pemkot Surabaya masih melakukan kajian dan analisa dampak sosial ekonomi masyarakat jika menerapkan PSBB di Surabaya.
Jelang PSBB, 3 Daerah di Jatim Zero Positif Covid-19
Menjelang pelaksanaan PSBB, tiga kota di Jawa Timur (Jatim) yakni Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo tidak ada penambahan pasien positif Covid-19.
Polda Jatim Contoh Jakarta Terapkan Sanksi PSBB
Polda Jatim saat ini sedang mematangkan teknis pengamanan penerapan PSBB di Kota Surabaya, sebagian Kabupaten Sidoarjo dan Gresik.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.