Protokol Kesehatan Gereja di Temanggung saat Natal

Polres dan Bamag Temanggung bertemu membahas rencana perayaan Natal. Ibadah Natal di gereja tetap akan mengacu protokol kesehatan ketat.
Kapolres Temanggung dan Badan Musyawarah Antar Gereja membahas rencana protokol kesehatan di gereja saat perayaan Natal mendatang. (Foto: Tagar/Humas Polres Temanggung)

Temanggung - Polres Temanggung dan Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Temanggung menggelar pertemuan terkait perayaan Natal 2020 di wilayah setempat. Dalam audensi tersebut dibahas mengenai sejumlah rencana kegiatan ibadah Natal yang mengacu protokol kesehatan, berikut pengamanannya. 

Kapolres Temanggung Ajun Komisaris Besar Polisi Benny Setyowadi meminta kegiatan ibadah Natal di gereja bisa dilaksanakan dengan mengacu protokol kesehatan ketat. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 belum ada tanda-tanda kapan akan berakhir. 

Termasuk dengan menghitung persentase kehadiran jemaat dan kapasitas gedung gereja. Dengan demikian kegiatan misa bisa dapat dilakukan dengan memperhatikan jaga jarak. Karenanya, Benny mengusulkan agar kebaktian bisa dibagi dalam beberapa sesi. 

“Mohon kerja samanya agar ibadah yang biasanya dipusatkan dalam satu kegiatan atau satu hari, maka bisa dibagi menjadi tiga kali kegiatan ibadah atau kebaktian," ujar dia, Senin, 24 November 2020. 

Untuk menjaga social distancing di dalam gereja, kami akan menerapkan 20 persen jemaat yang hadir mengikuti kegiatan ibadah.

Selain itu, Benny juga menyarankan agar kebaktian tidak terpusat di satu gereja guna mengindari munculnya kerumunan. "Gereja di daerah atau desa yang biasanya tidak melaksanakan misa Natal, untuk tahun ini bisa melaksanakan misa di daerah agar gereja pusat tidak terlalu penuh,” ucapnya. 

Sementara itu Ketua Bamag Temanggung Hari Santoso bisa memahami masukan dari pihak kepolisian. Terlebih selama pandemi ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Temanggung cenderung mengalami peningkatan. 

Dengan pertimbangan tersebut maka perayaan Natal bersama yang biasanya diadakan di Gedung Pemuda, untuk tahun ini akan ditiadakan.

“Untuk menjaga social distancing di dalam gereja, kami akan menerapkan 20 persen jemaat yang hadir mengikuti kegiatan ibadah. Kami juga akan menyusun SOP kegiatan ibadah Natal untuk diedarkan ke gereja-gereja di wilayah Kabupaten Temanggung,” beber dia.

Baca juga: 

Sementara terkait pengamanan perayaan Natal dan malam pergantian tahun, Kapolres Benny menyebut menjadi salah satu prioritas perhatian pemerintah, TNI dan Polri. Ia berharap kondisi kewilayahan tetap kondusif dan tidak muncul klaster baru, baik di masyarakat maupun petugas yang melakukan pengamanan. 

“Segera kami akan berkoordinasi dengan Dandim 0706 Temanggung dan instansi terkait tentang pengamanan kegiatan Natal tahun 2020 terutama pengamanan gereja yang ada di daerah, serta penerapan protokol kesehatannya,” imbuhnya. []

Berita terkait
3 Wisata Religi di Jakarta, Asyik Dikunjungi Jelang Natal
Di Jakarta juga hadir wisata religi. Selain masjid bersejarah, berdiri juga gereja penuh historis yang pas dikunjungi jelang Natal.
Jakarta PSBB Lagi, Anies Masih Buka Tempat Ibadah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih membuka tempat ibadah, kecuali yang dikunjungi orang dari berbagai wilayah dan kasus Covid-19 tinggi.
Ganjar Berkomitmen Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tetap berkomitmen menegakkan disiplin protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.
0
Kimia Farma Impor Vaksin Shinoparm 7,5 Juta Dosis
Kimia Farma sudah menandatangani perjanjian kerja sama dengan produsen vaksin Shinoparm untuk impor 7,5 juta vaksin program gotong royong.