Proses Kreatif Atiek CB, Musisi yang Pindah Kewarganegaraan

Atiek CB merupakan penyanyi top era 1980-an yang terkenal dengan kacamata hitamnya. Usai menikah dengan Lawrence Smith, ia pindah kewarganegaraan.
Atiek CB. (Foto: Tagar/Popmagz)

Jakarta - Musisi senior Atiek CB kini telah berpindah kewarganegaraan menjadi warga Amerika Serikat. Lantas bagaimana perjalanan karier musik Atiek CB?

Atiek CB merupakan penyanyi top era 1980-an yang terkenal dengan kacamata hitamnya.

Penyanyi asal Kediri, Jawa Timur ini terkenal dengan beberapa single hits, seperti Risau, Terserah Boy, dan Permohonan.

Ditilik dari perjalanan kariernya di industri musik, pemilik nama asli Atiek Prasetyawati ini mulai bernyanyi sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

Saat itu, dia bernyanyi bersama bandnya, CB Band. Nama CB itu lah yang membawanya populer di ranah musik Indonesia hingga saat ini.

Dimulai dari pentas ke pentas, Atiek CB mulai tersorot ketika mengikuti audisi menyanyi di TVRI Surabaya. Sejak dinyatakan lolos audisi, wajah Atiek mulai tampil di televisi satu-satunya di Surabaya pada waktu itu.

Perempuan kelahiran 25 Mei 1963 lalu mulai masuk dapur rekaman pada tahun 1980. Dia bersama pencipta musik kenamaan, A. Riyanto, mengeluarkan sejumlah album. Salah satunya Ilusi Pagi yang membuatnya dilirik oleh radio-radio Indonesia.

Kemudian pada tahun 1984, Atiek dikontrak oleh label ternama saat itu, Purnama Record. Dia mengeluarkan sejumlah karya yang lebih ekspresif. Album pertama dari label ini adalah ‘Transisi’, di mana Atiek menggandeng musisi Erwin Gutawa sebagai Music Director.

Album tersebut turut mendapat sambutan positif dari berbagai penikmat musik Tanah Air. Terbukti dari salah satu single-nya, Risau, menduduki urutan pertama di tangga lagu selama berminggu-minggu.

Single-single hits milik Atiek yang tak kalah populer yakni Di Dalam Khayalku, Antara Anyer dan Jakarta, Akh, Di Bibirku Ada Cinta, dan masih banyak lagi. Tak hanya solo dalam Atiek juga sempat memiliki grup vokal bernama Rumpies bersama Trie Utami, Malyda dan Vina Panduwinata.

Setelah bersinar di era 1980-an dan 1990-an, apa kabar Atiek CB saat ini? Pada 1994 silam, Atiek menikah dengan sosok pria bule bernama Lawrence Smith. Ini merupakan pernikahan keduanya setelah menikah dan bercerai dengan personil Trio Libels, Ronny Sianturi.

Usai menikah dengan Lawrence Smith, Atiek menetap di Delaware, Amerika Serikat dan menjadi warga negara sana. Pernikahan itu dikaruniai dua orang anak yakni Kyna Anne Smith dan Kendall Smith.

Meski tinggal di Amerika, perempuan yang kini berusia 58 tahun tersebut masih kerap pulang kampung ke Indonesia dan bermusik di sini. Pada 2019 silam, Atiek CB menggelar konser tunggal bertajuk ‘40 Tahun Meretas Jejak’. []

Berita terkait
Rossa Belajar Disiplin Bermusik dari Musisi Korea Selatan
Penyanyi Rossa mengatakan bahwa dirinya banyak mendapatkan pelajaran dari musisi Korea Selatan dalam hal etos kerja di bidang musik.
Mau Jadi Musisi? Berikut Ini Tips yang Bisa Kamu Pelajari
Bagi Anda yang memiliki hobi bermain musik dan berkeinginan menjadi musisi, maka Anda harus melakukan beberapa langkah yang harus ditempuh.
Musisi Amman di Suriah Tampil Online Selama Ramadan
Sebuah kelompok musik Suriah di Yordania tampil online untuk menghibur penggemar mereka selama Ramadan karena jam malam Covid-19
0
Proses Kreatif Atiek CB, Musisi yang Pindah Kewarganegaraan
Atiek CB merupakan penyanyi top era 1980-an yang terkenal dengan kacamata hitamnya. Usai menikah dengan Lawrence Smith, ia pindah kewarganegaraan.