Politikus PDIP Usulkan Duet Puan-Anies di Pilpres 2024

Politikus PDIP Effendi Simbolon memberikan usulan agar Puan Maharani berduet dengan Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 bukan dengan Prabowo.
Politikus PDIP Effendi Simbolon. (Foto: Tagar/Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Effendi Simbolon memberikan usulan agar Ketua Dewan Pimpinan Pusat DPP PDIP, Puan Maharani, berduet dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024.

Dalam pandangan Effendi calon wakil presiden pendamping Puan di Pilpres 2024 sebaiknya bukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, melainkan Anies Baswedan.

"Saya punya usul, saya bilang Mba Puan itu dipasangkannya harus sama Anies, ya jangan lagi Prabowo. Jadi Puan capres, Anies cawapres," kata Effendi, Senin, 31 Mei 2021.


Ayo kalian mau celah di mana lagi nasionalis dan religius sudah bersatu semua.


Ia mengatakan duet Puan dan Anies akan menjadi bentuk rekonsiliasi nasionalis dan religius. Menurutnya, terdapat nilai yang lebih menarik jika Puan berduet dengan Anies dibandingkan Puan dengan Prabowo di Pilpres 2024.

Effendi juga menyarankan agar Partai Gerindra pimpinan Prabowo, menjadi salah satu partai politik pendukung pasangan Puan dan Anies di pemilihan umum 2024.

"Ayo kalian mau celah di mana lagi, nasionalis dan religius sudah bersatu semua, mau apa coba. Itu kan baru sesuatu. Kalau cuma Prabowo dan Puan, menurut saya, enggak ada yang new," ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan usul tersebut merupakan hak pribadi Effendi sebagai seorang warga negara Indonesia untuk berpendapat.

"Seorang warga negara itu boleh saja menyampaikan pendapat, mau memasangkan siapa dengan siapa untuk pilpres dan itu bukan sikap pribadi partai tentunya. Jadi itu bebas saja mau disampaikan mau dengan siapa dengan siapa, itu enggak ada pengaruhnya juga bagi Gerindra. Silakan saja, itu hak beliau," ucap Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

Pemilihan presiden masih jauh hubungan antara Gerindra dan PDIP tetap baik hingga saat ini. Menurutnya, Gerindra juga masih terus melakukan konsolidasi internal untuk menguatkan partai hingga ke level akar rumput.

Sebelumnya, Partai Gerindra telah membuka opsi berkoalisi dengan PDIP di Pilpres 2024. PDIP pun telah merespons kemungkinan tersebut secara positif. []

Berita terkait
Gerindra: Peluang Prabowo Nyapres Disokong PDIP di 2024
Sekretaris Jendral Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan peluang Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden 2024 diusung Ketum PDIP.
Survei: Elektabilitas Partai PDI-P dan Gerindra Kian Merosot
Survei Voxpol: Partai PDI Perjuangan dan Gerindra mengalami penurunan popularitas paling tajam di penghujung tahun 2020.
PDIP - Gerindra Koalisi Maut di Pilkada Tangsel
Koalisi PDIP - Gerindra resmi mengusung nama Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo di Pilkada Tangerang Selatan.
0
Politikus PDIP Usulkan Duet Puan-Anies di Pilpres 2024
Politikus PDIP Effendi Simbolon memberikan usulan agar Puan Maharani berduet dengan Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 bukan dengan Prabowo.