Medan - Kepolisian masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba Kelas 3 yang berada di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara pada Kamis 16 Mei 2019.

Sejauh ini polisi juga belum mengetahui ada berapa tahanan narkoba yang melarikan diri pascakejadian.

Hal itu disampaikan Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya.

"Sampai saat ini, kita (Polda Sumut dan Polres Langkat) masih melakukan lidik penyebab terjadinya kerusuhan di lapas yang berada di Kabupaten Langkat itu. Namun kondisi saat ini sudah aman dan kondusif," ujarnya.

Ditambahkan Nainggolan, sampai saat ini kepolisian masih melakukan identifikasi jumlah tahanan yang ada di dalam lapas.

"Belum tahu kita ada berapa tahanan yang lari dan sebagainya. Pasalnya kita masih melakukan identifikasi. Jika ada tahanan yang kabur atau melarikan diri, pastinya kepolisian akan membantu pihak lapas untuk mencari dan melacak keberadaan mereka (tahanan kabur)," terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Josua belum berhasil dimintai keterangan terkait kerusuhan di Lapas Narkoba Kelas 3, Kabupaten Langkat.

Sebagaimana informasi diterima wartawan, terjadi pembakaran kendaraan dan perusakan ruangan tahanan di lapas yang berada di Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat. Polres Langkat dan Polda Sumut sampai saat ini masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kerusuhan. []

Baca juga: