UNTUK INDONESIA
Polisi Abdya Akan Tindak Pedagang Penimbun Masker
Polisi memastikan tidak ada indikasi penimbunan masker oleh pedagang di Aceh Barat Daya, Aceh.
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Moh Basori. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Barat Daya, Aceh, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Moh Basori memastikan tidak ada indikasi penimbunan masker oleh pedagang yang ingin memanfaatkan situasi di Abdya pasca merebaknya Virus Corona atau Covid-19.

"Tidak ada indikasi penimbunan, kami akan terus pantau itu," kata Moh Basori, kepada wartawan, Kamis, 5 Maret 2020 di Abdya.

Kami pantau terus, sejauh ini yang kita dapat memang langka di distributornya.

Moh Basori mengaku pasca kekosongan masker di Abdya, pihaknya rutin melakukan pemantauan ke sejumlah apotek dan swalayan di pusat Kota Blangpidie. Hal ini juga dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya indikasi oknum-oknum pedagang yang ingin memanfaatkan situasi.

"Kami pantau terus, sejauh ini yang kita dapat memang langka di distributornya," ujar Moh Basori.

Jika kedapatan, pihaknya akan menindak tegas para pedagang yang hendak mengambil kesempatan dengan menimbun masker untuk meraup keuntungan lebih besar. Untuk itu, Moh Basori meminta masyarakat agar segera melapor kepada jika menemukan adanya pedagang yang memanfaatkan situasi ini.

"Kami tindak tegas, masyarakat lapor kalau ada pedagang yang mengambil kesempatan," ujarnya.

Bukan hanya itu, Moh Basori menambahkan akan ikut menindak para pedagang yang menjual harga  sembako atau barang kebutuhan pokok dan barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, dan atau hambatan lalu lintas perdagangan barang.

"Kami tindak sebagai mana dimaksud dalam pasal 29 ayat (1) dipidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak 50 Miliar," katanya.

Moh Basori menghimbau masyarakat terkhusus di Abdya untuk tidak takut beraktivitas di luar rumah dan selalu menerapkan pola hidup sehat. "Jangan panik, jangan lupa terapkan pola hidup sehat," katanya. []

Berita terkait
Polisi Aceh Razia Toko dan Apotek Penimbun Masker
Polresta Banda Aceh, Aceh mulai mengantisipasi penimbunan masker pasca munculnya dua orang yang positif virus corona di Indonesia.
Stok Kosong, BPBK Abdya Aceh Butuh 10 Ribu Masker
Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat Daya kekosongan stok masker saat ini.
Stok Masker di Puskesmas Abdya Aceh Cukup Tiga Bulan
Dinkes Abdya Aceh memastikan stok masker untuk seluruh Puskesmas aman hingga bulan Mei 2020 mendatang.
0
Cara Startup di Bali Bertahan dari Badai Covid-19
Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Salah satunya adalah perusahaan startup.