Banda Aceh, (Tagar 16/3/2019) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, bersuara terhadap aksi penembakan brutal yang terjadi di Masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru pada Jumat (15/3).

Nova mengutuk aksi sadis kepada jamaah di dua masjid di Kota Christchurch tersebut serta mengajak seluruh umat Islam untuk bersatu melawan para teroris anti-Islam demi kemanusiaan.

"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Saya mengutuk penembakan yg terjadi di Christchurch Selandia Baru. Siapapun pelakunya harus mempertanggungjawabkan kebiadabannya di dunia dan akhirat. Mari kita bersatu melawan para teroris anti-Islam demi kemanusian dan tegaknya peradaban," tulis Nova Iriansyah dalam akun Twitternya, Jumat (15/3) malam.

Aksi penembakan brutal yang terjadi di dua masjid, di Dean's Road dan di Linwood Avenue, Kota Christchurch memakan korban jiwa. Data yang dihimpun per Jumat (15/3) malam, sedikitnya 40 orang tewas sementara 20 lainnya luka-luka.

(Plt) Gubernur Aceh itu menyebutkan aksi tersebut merupakan kebiadaban yang dilakukan oleh teroris anti-Islam. Ia mengajak semuanya untuk berdoa agar korban yang terluka bisa diberikan keselamatan.

"Mari berdoa bagi keselamatan korban kebiadaban penembakan di Christchurch," lanjutnya.

Penembakan di Christchurch menarik perhatian seluruh masyarakat dunia. Simpati dan belasungkawa turut diucapkan oleh pimpinan berbagai daerah dan negara. Mereka beramai-ramai mengutuk aksi terorisme sembari mendoakan para korban meninggal sebagai syuhada yang mati syahid.

Baca juga: Dewan Masjid Indonesia dan Muhammadiyah Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru