UNTUK INDONESIA
Pilgub Sumbar, Gerindra Buka Peluang Koalisi
Meski bisa mengusung sendirian, Gerindra tetap membuka ruang koalisi dengan parpol lain dalam Pilkada Sumbar 2020.
Pengumuman Cagub-Cawagub Sumbar dari Partai Gerindra, Nasrul Abit-Indra Catri di kantor DPD Gerindra Sumbar, Selasa 23 Juni 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi mengusung Nasrul Abit (NA) dan Indra Catri sebagai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat (Sumbar) untuk Pilkada 2020.

Yang jelas Partai Berkarya sudah menyatakan sikap, nama tim sukses belum ada.

Kepastian tersebut diumumkan DPD Gerindra Sumbar yang dihadiri kedua kandidat di kantor DPD Gerindra Sumbar, Selasa, 23 Juni 2020. Nasrul Abit merupakan Wakil Gubernur Sumbar periode 2016-2021. Sedangkan Indra Catri Bupati Agam periode 2016-2021.

Menurut Nasrul, meski Gerindra bisa mengusung sendirian, jelang pendaftaran ke KPU Sumbar, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) lainnya. Dengan kata lain, Gerindra membuka peluang lebar untuk berkoalisi.

"Yang jelas Partai Berkarya sudah menyatakan sikap, nama tim sukses belum ada. Tim sukses nantinya akan ada dari unsur partai dan relawan. Nanti kami diskusikan siapa yang ditunjuk," katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun Tagar, Partai Gerindra sedang menjajaki koalisi dengan Partai Golkar dan PAN. Dua partai itu disebut-sebut sebagai kandidat kuat parpol yang akan ikut mengusung Nasrul Abit-Indra Catri.

"Ada tiga partai lain melakukan komunikasi, mudah-mudahaan bisa. Kami masih ada waktu tiga bulan lagi, waktu ini digunakan untuk menjalin komunikasi, apa partainya belum bisa saya bocorkan," katanya.

Menjelang pendaftaran ke KPU Sumbar pada tanggal 4 hingga 8 September 2020, pihaknya akan melakukan serangkaian persiapan, seperti sosialisasi dan menyusun rencana kerja.

"Kami sosialisasi, menyusun rencana kerja, Alat Peraga Kampanye (APK) yang dibutuhkan, kami berpedoman dengan protokol kesehatan Covid-19, mana yang boleh oleh KPU, mana yang tidak," tuturnya. []

Berita terkait
Gerindra Usung NA-Indra Catri di Pilgub Sumbar
Nasrul Abit dan Indra Catri resmi diusung Partai Gerindra menjadi calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar untuk Pilkada 2020.
Prabowo Minta Nasrul Abit Fokus Pilgub Sumbar
Nasru Abit meninggalkan kursi Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat karena diminta fokus persiapan Pilgub Sumbar 2020.
712 Warga Sumbar Positif Corona, 525 Sembuh
Total warga Sumatera Barat terpapar Covid-19 mencapai 712 orang.
0
Pilgub Sumbar, Gerindra Buka Peluang Koalisi
Meski bisa mengusung sendirian, Gerindra tetap membuka ruang koalisi dengan parpol lain dalam Pilkada Sumbar 2020.