Pikachu Gelar Protes Anti Batu Bara di KTT COP26

Sekelompok aktivis lingkungan berpakaian Pikachu menggelar protes antipenggunaan batu bara di tepian Sungai Clyde, Skotlandia, Inggris
Dua orang berpakaian Pikachu melakukan aksi protes pendanaan batu bara oleh Jepang, di dekat tempat Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26), di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 4 November 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Russell Cheyne)

Jakarta – Sekelompok aktivis lingkungan berpakaian Pikachu menggelar protes antipenggunaan batu bara di tepian Sungai Clyde, Skotlandia, Inggris. Mereka menuntut agar Jepang berhenti memanfaatkan batu bara di dalam negeri dan berhenti membiayai instalasi-instalasi pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri.

Aksi maskot Pokemon itu digelar Kamis, 4 November 2021, di tengah berlangsungnya KTT Iklim di Glasgow, Skotlandia, yang akrab disebut COP26 yang digelar dari tanggal 31 Oktober hingga 12 November 2021.

Para aktivis sengaja memilih kostum Pikachu karena identik dengan Jepang, negara yang merilis video game Pokemon, di mana Pikachu merupakan karakter yang paling populer dalam permainan itu.

Jepang, yang industri tenaga nuklirnya mengalami krisis sejak bencana Fukushima, telah beralih ke batu bara untuk mengatasi kekurangan produksi listriknya. Negara itu sedang membangun tujuh pembangkit listrik tenaga batu bara baru yang besar.

Seseorang pakai kostum karakter PikachuSeseorang pakai kostum karakter Pikachu, melakukan aksi protes pendanaan batu bara oleh Jepang, di dekat tempat Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26), di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 4 November 2021 (Foto: voaindonesia.com/REUTERS)

Ayumi Fukakusa, seorang aktivis Koalisi Jepang untuk Anti Batu Bara, mengatakan para pengunjuk rasa itu menuntut agar Jepang segera menghentikan ketergantungannya pada batu bara.

"Kepresidenan COP26, yang saat ini dipegang pemerintah Inggris, menyerukan agar negara-negara meninggalkan pengggunaan batu bara, bahkan di dalam negeri, tetapi pemerintah Jepang tidak memiliki rencana untuk melarang penggunaan batu bara di dalam negeri dan bahkan memperluas pembangkit listrik tenaga batu bara di dalam negeri, sehingga bertentangan dengan janjinya untuk mengatasi perubahan iklim. Kami menuntut pemerintah Jepang untuk berhenti membiayai pembangkit listrik tenaga batu bara baru di luar negeri, dan kami meminta mereka untuk merencanakan penghentian penggunaan batu bara di dalam negeri paling lambat tahun 2030," kata Fukakusa.

Jepang dan rekan-rekan G20-nya, berkomitmen akhir Oktober lalu untuk menghentikan pendanaan luar negeri untuk batu bara pada akhir tahun ini. Tetapi, negara itu tidak menetapkan tanggal untuk menghentikan penggunaan pembangkit listrik batu bara, dan hanya berjanji untuk melakukannya "sesegera mungkin".

Delegasi dari seluruh dunia bertemu di Glasgow untuk mencoba mempertahankan target pembatasan pemanasan global pada 1,5 derajat Celsius di atas tingkat praindustri, batas yang menurut para ilmuwan akan menghindari konsekuensi yang paling merusak.

Sekelompok aktivis pakai kostum karakter PikachuSekelompok aktivis pakai kostum karakter Pikachu, memprotes pendanaan batu bara oleh Jepang, di dekat tempat Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26), di Glasgow, Skotlandia, Inggris, 4 November 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Russell Cheyne)

Para aktivis lingkungan meyakini, untuk memenuhi target 1,5 derajat Celsius dibutuhkan momentum politik dan upaya diplomatik luar biasa untuk menebus tindakan yang tidak memadai dan janji-janji kosong yang telah menjadi ciri khas sebagian besar politik iklim global.

COP26 perlu mendapatkan janji-janji yang lebih ambisius untuk mengurangi emisi lebih lanjut, mengumpulkan miliaran dolar bagi pendanaan program-program penanggulangan iklim, dan menuntaskan pembuatan aturan untuk menerapkan Perjanjian Paris dengan persetujuan bulat dari hampir 200 negara yang menandatanganinya (ab/uh)/voaindonesia.com. []

Negara-negara G7 Sepakat Setop Pendanaan Proyek Batu Bara

Bank of China Didesak Setop Membiayai Proyek Batu Bara

Proyek Pembangkit Listrik Batu Bara Asia Ancam Target Iklim Dunia

Negara-negara G7 Sepakat Setop Pendanaan Proyek Batu Bara

Berita terkait
Indonesia Bisa Hapus Penggunaan Batu Bara Tahun 2040
Pemerintah optimistis hentikan penggunaan PLTU batu bara secara bertahap pada 2040 jika dunia internasional memberi dukungan keuangan
0
Pikachu Gelar Protes Anti Batu Bara di KTT COP26
Sekelompok aktivis lingkungan berpakaian Pikachu menggelar protes antipenggunaan batu bara di tepian Sungai Clyde, Skotlandia, Inggris