Piaggio Bangun Pabrik di Indonesia dengan 10 Ribu Unit

PT Piaggio Indonesia secara resmi membangun sebuah pabrik barunya di Indonesia untuk pertama kalinya pada, Selasa, 9 November 2021.
Peresmian pabrik Piaggio di Indonesia. (Foto: Tagar/Instagram/@sepedamotorid)

Jakarta – PT Piaggio Indonesia secara resmi membangun sebuah pabrik barunya di Indonesia untuk pertama kalinya pada, Selasa, 9 November 2021. Parbik tersebut berlokasi di kawasan Indrustri Jababeka, Cikarang, Bekasi. Setelah India, Vietnam, serta Italia kini Indonesia Menjadi Negara keempat yang memiliki produksi Piaggio.

Adanya alasan Pabrik Piaggio dibangun di Indonesia karena Indonesia memiliki penggemar Vespa kedua setelah negara asalnya yakni Italia. Pabrik Piaggio ini dibangun setelah hadir dipasar Indonesia selama 10 tahun dan ini merupakan sebuah babak baru bagi PT Piaggio.

Sebagai informasi tambahan, Vespa hadir untuk pertama kalinya pada tahun 1946 di Negara asalnya, Italia sebagai motor premium Piaggio, dan seiring berjalannya waktu Vespa menjadi merek tersendiri yang terdiri dari banyak model.

Selain itu, Vespa juga pernah mendirikan sebuah pabriknya di Pulo Gadung, Jakarta pada tahun 1970 yang dimana saat itu merupakan sebuah kejayaan bagi Vespa di Indonesia. namun pabrik tersebut terpaksa ditutup karena terjadinya krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998.

Piaggio Group masuk kepasar Indonesia melalui Piaggio Indonesia dan pada saat itu Piaggio awalnya hanya memasarkan dua produknya, yakni Vespa dan Piaggio pada 2011, kemudian Piaggio akhirnya menambahkan Aprilia serta Moto Guzzi pada tahun 2015.

Pabrik Piaggio yang memiliki area seluas enam hektare ini akan menargetkan produksinya sebanyak 10 ribu unit untuk per tahunnya. Pabrik barunya ini juga akan memproduksi model-model motor dari empat merek yang berada dibawah naungan Piaggio Indonesia, yakni Moto Guzzi, Vespa, Aprilia, dan Piaggio.

Namun, Piaggio Indonesia akan lebih fokus mengembangkan Vespa terlebih dahulu untuk tahap pertamanya. Vespa yang dikembangkan ini rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022 untuk Indonesia.

Kemenperin memberikan apresiasi kepada PT Piaggio Indonesia terhadap pembangunan pabrik barunya ini yang dibangun seluas enam hektare dengan kapasistas sebanyak 10 ribu per tahunnya, yang akan dimulai pada kuartal IV tahun 2022 untuk produksi pertamanya.

Diharapkan, fasilitas baru ini dapat memperkuat brand image Piaggio Indonesia serta dapat menciptakan nilai tambah indrustri dalam negeri yang bisa memulihkan indrustri otomotif di tengah pandemi Covid – 19.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Perusahaan Kanada Produksi Bahan Baterai untuk Mobil Listrik
Perusahaan teknologi "First Cobalt Canada" bertekad ciptakan fasilitas pertama di Amerika Utara untuk produksi bahan baterai kendaraan listrik
Roy Suryo Menduga Microsleep Pemicu Kecelakaan Mobil Vanessa Angel
kemungkinan mobil melaju dengan kecepatan rata-rata di atas 150 km/jam.
Status Pemeriksaan Pengemudi Mobil Vanessa Angel Naik ke Tahap Penyidikan
Pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit Bhayangkara, tempat dia mendapatkan perawatan medis.
0
Piaggio Bangun Pabrik di Indonesia dengan 10 Ribu Unit
PT Piaggio Indonesia secara resmi membangun sebuah pabrik barunya di Indonesia untuk pertama kalinya pada, Selasa, 9 November 2021.