UNTUK INDONESIA
Peta Kekuatan Grup Liga Champions, Tak Cuma Messi Vs Ronaldo
Lionel Messi kembali berduel lawan Cristiano Ronaldo di Liga Champions. Namun Manchester United dan Real Madrid juga bersaing ketat di grupnya.
Bintang Barcelona Lionel Messi kembali berduel dengan rival abadinya, Cristiano Ronaldo yang kini membela Juventus di Liga Champions. Namun persaingan ketat di Liga Champions juga dihadapi Manchester United dan Real Madrid. (Foto: Twitter/ChampionsLeague)

Jakarta - Bintang Barcelona Lionel Messi akan reuni dengan rivalnya Cristiano Ronaldo yang kini membela Juventus di Liga Champions. Dari hasil undian UEFA, 2 raksasa Eropa itu bertemu di penyisihan Grup G. Namun perebutan si kuping lebar tak hanya melulu Juve dan Barca. Ada Manchester United yang berada di grup berat atau Real Madrid yang bakal berjibaku dengan Inter Milan.   

Duel Ronaldo melawan Messi sedikit menyita perhatian. Terutama sejak Ronaldo hengkang dari Madrid dan kemudian meninggalkan La Liga Spanyol. Hanya meski tanpa pesaing, Messi justru gagal membawa Barca meraih sukses.  

Reuni ini bakal memberi kesan dan impresi berbeda setelah mereka berpisah. Sebelumya 2 bintang itu kurang akrab di lapangan karena perseteruan 2 klub dalam pertarungan el clasico yang selalu panas. Kini, Messi dan Ronaldo bakal bisa terlihat akrab. 

Selain itu, Pjanic dan Arthur akan saling berhadapan. Ini menjadi tantangan lain di laga tersebut,

Apalagi pernah terpetik rumor bila Messi sempat menelepon Ronaldo untuk curhat gara-gara ribut dengan Barca dan keinginannya untuk pergi dari Camp Nou. Bahwa keduanya bisa jadi memiliki hubungan dekat tetapi 'dipaksa bermusuhan' demi kepentingan yang lebih besar dan menguntungkan. 

Namun Liga Champions musim ini tidak hanya soal 2 bintang yang segera memasuki senjakala. Kompetisi tertinggi Eropa ini menghadirkan persaingan yang menarik dan selalu menghadirkan big match

Bagaimana tidak, tim yang berada di Pot 1 dan Pot 2 memang selevel. Ini yang menjadikan masing-masing grup berisikan 2 sampai 3 tim kuat sehingga persaingan kian sengit sejak penyisihan grup. 

Jadi, tak lagi luar biasa bila Man Utd bakal bertarung habis-habisan dengan runner up Paris Saint-Germain dan RB Leipzig yang mencapai perempat final. Mereka pun tak bisa meremehkan Istanbul Basaksehir yang menjadi kuda hitam. Apalagi, Man Utd selalu kesulitan bila bertemu tim-tim Turki

Sementara, Inter Milan yang mulai matang di kompetisi Eropa bakal berhadapan dengan Madrid. Klub-klub Spanyol dan Jerman bisa menjadi ganjalan bagi Inter. Musim lalu, I Nerazzurri disingkirkan Barca dan Borussia Dortmund.

Berikut peta persaingan penyisihan grup Liga Champions 2020-21

Grup A
Juara bertahan Bayern Munich mendapat pesaing serius dari Atletico Madrid. Ke-2 tim terakhir berjumpa pada musim 2016. Saat itu, Atletico disingkirkan Bayern di semifinal. 

Musim ini, Atletico memberi kesempatan kepada striker Luis Suarez untuk menuntaskan dendam kepada Bayern. Musim lalu, Bayern menghajar Barca yang diperkuat Suarez dengan skor memalukan, 8-2!

Selain mereka masih ada Salzburg dan Lokomotiv Moskwa. Atletico dan Bayern menjadi lawan berat bagi Lokomotiv dan Salzburg nantinya. Namun kedua tim tak bisa dianggap remeh begitu aja, karena kedua tim ini bisa menyulitkan Atletico maupun Bayern.

Prediksi Lolos 16 Besar: Bayern Munich, Atletico Madrid
Liga Europa: Lokomotiv Moskwa

Grup B
Madrid akan bersaing dengan Inter. Dua tim ini jadi memiliki peluang besar untuk lolos fase grup Liga Champions. Modal pengalaman di kompetisi menjadikan mereka sebagai tim unggulan.

Akan tetapi El Real maupun Inter tak boleh menganggap remeh 2 tim lain, Shakhtar Donetsk dan Borussia Moenchengladbach. Mereka bisa menjadi kerikil yang mengganggu perjalanan Madrid dan Inter. 

Prediksi Lolos 16 Besar: Real Madrid, Inter Milan
Liga Europa: Shakhtar Donetsk

Grup C
Manchester City berada di grup mudah. Porto yang berada di Pot 1 bukan lawan yang diperhitungkan meski klub Portugal itu rutin tampil di Liga Champions. 

Musim ini menjadi kesempatan berikutnya manajer Pep Guardiola merah trofi Liga Champions. Dia baru bisa melakukannya saat mengarsiteki Barca. Saat menangani Bayern dan Man City, Guardiola belum pernah mengangkat trofi.   

Selain Porto, The Cityzens akan bersaing dengan, Olympiakos, dan Marseille. Satu tempat ke 16 besar tampaknya menjadi milik Man City. Sedangkan 3 tim lain akan bertarung habis-habisan mengantongi tiket ke babak berikutnya.

Prediksi Lolos 16 Besar: Manchester City, Porto
Liga Europa: Marseille

Manchester UnitedManchester United kembali bertemu Paris Saint-Germain. Kiper Man Utd David de Gea (kiri) bersalaman dengan pemain depan PSG Kylian Mbappe usai laga di babak 16 besar musim 2018-19. (Foto: UEFA)

Grup D
Juara Liga Premier Inggris Liverpool tampaknya bisa melewati penyisihan grup dengan mudah. Mereka mendapat tantangan dari Ajax Amsterdam yang terakhir kali meraih sukses dengan menembus semifinal musim 2019.

Hanya saat itu, Ajax masih memiliki Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong dan Donny van de Beek. Kini mereka sudah meninggalkan Ajax sehingga tim tak lagi kuat. 

Selain Ajax ada Atalanta yang menunjukkan tren positif kompetisi Serie A Italia musim ini. Atalanta bakal berebut satu tiket ke 16 besar dengan Ajax. Sementara, klub Denmark yang lolos lewat babak kualifikasi Midtjylland masih menjadi penggembira.

Prediksi Lolos 16 Besar: Liverpool, Atalanta
Liga Europa: Ajak Amsterdam 

Grup E
Persaingan tampaknya hanya melibatkan juara Liga Europa Sevilla dan Chelsea. Musim lalu, tim Chelsea yang kurang pengalaman sudah dihabisi Bayern di 16 besar. Setelah kalah 3-0 di Stamford Bridge, Chelsea dihajar FC Hollywood 4-1.

Chelsea melakukan pembenahan skuat dengan memboyong duo Jerman, Kai Haverzt dan Timo Werner. Klub London Barat ini juga mendatangkan kiper Edouard Mendy yang menggantikan Kepa Arrizabalaga yang sudah kehilangan kepercayaan diri. 

Dengan skuat lebih kuat, The Blues bisa berbicara di kompetisi Eropa. Hanya start Chelsea musim ini kurang bagus. Mereka dihajar Liverpool 2-0 dan nyaris kalah lawan West Bromwich Albion. Bahkan The Reds sempat tertinggal 3-0 sebelum mengakhiri laga dengan skor 3-3. 

Sebaliknya, Sevilla kembali kedatangan gelandang veteran Ivan Rakitic setelah lama membela Barca. Sevilla memang kurang berhasil di Liga Champions meski sukses besar di Liga Europa.

Rennes Pesaing Sevilla dan Chelsea hanya FC Krasnodar dan Rennes. Mereka menjadi kuda hitam yang kurang diperhitungkan

Prediksi Lolos 16 Besar: Chelsea, Sevilla
Liga Europa: Rennes 

Grup F
Dortmund dan Lazio bakal bersaing memperebutkan posisi satu dan dua agar bisa lolos ke babak berikutnya. Dortmund yang menjadi langganan Liga Champions bakal jadi lawan tangguh Lazio.

Dua tim ini bakal berhadapan dengan Zenit maupun Brugge. Dortmund dan Lazio yang menjadi unggulan tak bisa meremehkan mereka.

Prediksi Lolos 16 Besar: Borussia Dortmund, Lazio
Liga Europa: Zenit Petersburg

Grup G
Grup yang menyedot perhatian karena duel Juve melawan Barca akan mempertemukan 2 pemain terbaik yang bersaing ketat secara individu maupun tim.  

Pertarungan Ronaldo dengan Messi yang sudah 2 tahun terakhir menghilang kini telah muncul. Dalam sejarah, keduanya merupakan pesaing terberat untuk menjadi pemain terbaik semenjak 10 tahun terakhir.

Dynamo Kiev dan Ferencvaros pun waswas untuk menantang Barca maupun Juve. Kendati demikian, Juventus maupun Barca harus hati-hati melawan kuda hitam tersebut.Namun duel ini tak melulu soal Ronaldo dan Messi. Ada gelandang Barca Miralem Pjanic yang pernah menjadi pilar Juve. Sedangkan Juve memiliki Arthur Melo, eks gelandang Barca.

Dynamo Kiev dan Ferencvaros pun waswas untuk menantang Barca maupun Juve. Kendati demikian, Juventus maupun Barca harus hati-hati melawan kuda hitam tersebut.

"Pertandingan melawan Barcelona akan menjadi tantangan besar dan akan sangat menarik karena mempertemukan mereka yang, menurut saya, masih merupakan dua pemain terbaik dunia, Ronaldo dan Messi," kata Wakil Presiden Juve Pavel Nedved seperti dikutip laman UEFA.

"Selain itu, Pjanic dan Arthur akan saling berhadapan. Ini menjadi tantangan lain di laga tersebut," ujar eks bintang Juve ini. 

Prediksi Lolos 16 Besar: Juventus, Barcelona
Liga Europa: Dynamo Kiev

Grup H
Persaingan di grup ini terbilang ketat. PSG akan bersaing dengan Man Utd dan Leipzig yang sudah kehilangan Haverzt. 

PSG yang berambisi setelah gagal di musim lalu bakal langsung ngegas. Menariknya di laga pertama, mereka menghadapi Man Utd. 

Man Utd jelas menjadi momok bagi PSG. Pengalaman buruk Les Parisiens di babak 16 besar musim 2018-19. Mereka sudah unggul 2-0 di laga pertama di Old Trafford. Namun di kandang sendiri, PSG kalah 3-1 dari The Red Devils. Ironisnya, di laga itu, manajer Ole Gunnar Solskjaer menurunkan banyak pemain muda.

Persaingan tidak hanya melibatkan 2 tim tersebut. Masih ada Leipzig dan Istanbul Basaksehir yang layak diwaspadai karena mereka adalah 'tuan rumah' untuk laga final musim ini.

Prediksi Lolos 16 Besar: Paris Saint-Germain, Manchester United
Liga Europa: RB Leipzig [PEN]

Berita terkait
Jadwal Tanding dan Pembagian Grup Liga Champions 2020/2021
Jadwal tanding dan hasil drawing Liga Champions musim 2020/2021 menakdirkan Juventus vs Barcelona, Bayern vs Atletico, PSG vs Manchester United.
Juventus Juara Liga Champions Masih Jadi Mimpi Chiellini
Kapten Juventus Giorgio Chiellini belum berhenti bermimpi. Dirinya masih berharap membawa Juve menjadi juara Liga Champions sebelum pensiun.
Juara Liga Champions Hajar PSG, Bayern Raih Treble
Bayern Munich meraih treble setelah menjadi juara Liga Champions. Bayern mengalahkan Paris Saint-Germain di final lewat gol Kingsley Coman.
0
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.