UNTUK INDONESIA
Persebaya Tanpa Amido Balde Lawan PSS Sleman
Persebaya Surabaya kembali tidak diperkuat striker Amido Balde saat lawan tuan rumah PSS Sleman di Liga 1, Sabtu 13 Juli 2019.
Persebaya Surabaya kembali tidak diperkuat striker Amido Balde saat lawan PSS Sleman di Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu 13 Juli 2019. (Foto: ANTARA/Didik Suhartono)

Surabaya - Striker Amido Balde kembali tidak dimainkan saat Persebaya Surabaya melakoni laga tandang melawan PSS Sleman Shopee Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu 13 Juli 2019. Balde sendiri sudah absen saat Persebaya ditahan Barito Putera, Selasa 9 Juli 2019. 

Absennya Balde sempat menjadi pertanyaan. Pasalnya, penyerang Guinea-Bissau ini menunjukkan performa gemilang saat menghadapi Persela Lamongan dan Persib Bandung. Bahkan di laga melawan Persib, dia mencetak hat-trick yang membawa Persebaya menang 4-0. 

Hanya setelah laga tersebut, sosok Balde tidak masuk skuat saat menghadapi Barito Putera. Keputusan pelatih Djadjang Nurjaman mencoret nama eks penyerang tim nasinal Portugal U-20 ini sontak menjadi pertanyaan. 

Pasalnya saat Djadjang memberikan briefing, kondisi sang pemain tidak ada masalah. Namun dia kemudian tidak ikut pemanasan dan akhirnya tidak dimainkan. 

Tanpa Balde, Persebaya gagal melanjutkan tren positif dengan bermain imbang 2-2 melawan Barito Putera. Menurut Djadjang pemainnya terpaksa dicoret karena sakit.  

"Saat pemanasan ada gangguan kesehatan. Dia sedikit demam dan kepala agak pusing. Dengan kondisi itu sangat tidak mungkin untuk diturunkan meskipun dia ingin sekali bermain. Posisinya pun digantikan Osvaldo Haay," tutur Djanur.

Balde pun kembali tidak dimainkan saat menghadapi PSS. Pasalnya dia baru saja meninggalkan rumah sakit setelah menjalani perawatan. 

Meski tanpa Balde, asisten pelatih Sugiantoro tegaskan Persebaya tetap akan memberikan yang terbaik di laga tersebut. Menurutnya Persebaya tidak akan bergantung pada satu atau dua pemain. 

"Siapa pun yang menggantikannya, Persebaya tetap akan bermain dengan 11 pemain. Dan, siapa pun yang diturunkan punya tanggung jawab sendiri," ujar Sugiantoro. 

Meski ditahan Barito Putera di laga terakhir, namun Persebaya menunjukkan konsistensinya dan kini menduduki peringkat empat dengan poin 12. Hanya PSS juga kembali menanjak. Setelah kalah 0-1 dari Persija Jakarta, mereka mampu menaklukkan Kalteng Putra 2-0 sehingga bisa bertengger di peringkat delapan dengan poin sembilan. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Kaleidoskop - 10 Kanal Baru Terpopuler YouTube 2019
YouTube juga melilis sepuluh channel baru populer di YouTube selama 2019.