Medan, (Tagar 17/7/2018) – Bertemu tuan rumah Persebaya pada laga Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (18/7), PSMS menjanjikan perlawanan maksimal.

Asisten Pelatih PSMS Medan Suharto AD mengatakan, sejarah panjang pertemuan kedua tim sejak era perserikatan membuat laga merupakan laga prestisius.

"PSMS dan Persebaya saling mengalahkan setahun ini, begitu juga di tahun-tahun sebelumnya. Kami akan tampil maksimal di laga ini," kata Suharto AD yang dihubungi dari Medan, Selasa (17/7).

Suharto yang dipercaya menangani tim jelang laga pekan ke-16 Liga 1 mengatakan, kendati dalam masa transisi pasca pergantian pelatih, tim Ayam Kinantan akan menampilkan permainan terbaiknya.

"Untuk pertandingan besok saya rasa ini pertandingan yang menarik, kebetulan ini transisi dari coach Djanur. Pelatih baru Peter Butler sudah berpesan kepada pemain agar menghadapi Persebaya, pemain menunjukkan kualitas bermain," ujarnya.

Diakui Suharto, tidak banyak perubahan taktik yang akan dilakukan pada laga kali ini. Namun untuk susunan pemain, diakui akan ada perubahan.

"Taktikalnya mungkin tidak terlalu jauh banyak berbeda. Mungkin hanya saya sedikit memberikan motivasi dan bagaimana menaikkan moril mereka untuk menghadapi Persebaya," ucap mantan striker PSMS Medan era 1985-1995 ini.

Suharto juga menyebutkan, PSMS bakal tampil full-team. Hanya Frets Buruan yang harus absen lantaran membela kesatuannya di TNI untuk Pekan Olahraga Angkatan Darat (Porad).

"Hanya Frets Butuan yang absen. Tapi syukurnya, Firza Andika sudah hadir dan saya lihat cukup baik kondisinya. Sudah terlihat bagaimana potensi anak muda ini saat tampil di Timnas dan kami tak meragukannya," ungkapnya.

Begitu juga dengan tambahan amunisi PSMS di lini belakang. Pemain yang baru direkrut, Marko Kabiy dan Ramadhan Saputra sudah bergabung bersama rekannya lain.

"Marko dan Ramadhan saya belum tahu bagaimana kondisinya. Nanti kita lihat dulu baru kita tentukan siapa yang bisa diturunkan," imbuh Suharto.

Target Curi Poin

Suharto menyebutkan, saat melawan Persebaya, PSMS menargetkan mencuri poin. "Kami siap tampil maksimal, targetnya mencuri poin," ujarnya.

Poin tersebut, kata Suharto, sangat penting untuk mengangkat posisi tim "runner up" Liga 2 tahun 2017 itu dari posisi juru kunci klasemen sementara.

Tim berjuluk Ayam Kinantan masih mengoleksi 15 poin dari 15 kali bertanding hasil 5 kali menang dan 10 kalah. Bahkan, pada pertandingan terakhir di Medan 12 Juli lalu, PSMS kalah 1-3 dari Persipura Jayapura. Manajemen kemudian memberhentikan Djadjang Nurdjaman sebagai pelatih, dan menunjuk Peter Butler.

Siapkan OK John

Sementara itu, di kubu Bajul Ijo untuk mengatasi krisis pertahanan Bajul Ijo, pelatih Persebaya Surabaya Angel Alfredo Vera menyiapkan pemain barunya, OK John.

"OK John sudah terdaftar, siap dimainkan jika keadaan memungkinkan. Kami masih melihat perkembangan pemain belakang lainnya," ujar Angel Alfredo Vera kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Tim Bajul Ijo mengalami krisis di lini belakang karena beberapa pemainnya cedera, antara lain M Syaifuddin, Rachmat Irianto, dan Andri Muliadi. Bahkan Otavio Dutra sempat mengalami gangguan.

Andri MuladiPetugas memindahkan pesepak bola Persebaya Surabaya yang cidera Andri Muladi ke dalam ambulan saat laga lanjutan Liga 1 melawan Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (11/7/2018). (Foto: Ant/Akbar Nugroho Gumay)

"Saya melihat dulu kondisi Dutra dalam latihan sore ini. Kalau siap kami dimainkan dan OK John ada di bangku cadangan," ucap pelatih berkebangsaan Argentina itu.

Di lini tengah, Alfredo Vera juga belum bisa memainkan Nelson Alom yang masih menjalani masa pemulihan. Termasuk pemain baru Raphael Maitimo yang belum resmi terdaftar sebagai pemain Persebaya karena terkendala administrasi.

Pelatih yang mengantar Persebaya juara Liga 2 tahun 2017 itu sudah menyiapkan M Hidayat yang dinilai tampil impresif usai sembuh dari cedera lama. Hidayat disiapkan bersama Robertino Pugliara dan sejumlah opsi lainnya, seperti kapten Rendy Irwan, Misbakus Solikin, Oktafianus Fernando, Fandi Eko Utomo maupun Sidik Saimima.

Di barisan penyerang, striker David Da Silva yang tampil sekitar 20 menit terakhir dan mencetak satu gol saat melawan Bhayangkara FC pekan lalu, juga masih dipantau kondisinya.

"Kalau tidak siap sejak awal, penyerang lainnya siap tampil. Masih banyak opsi di lini depan," kata mantan Pelatih Persipura Jayapura tersebut.

Adapun pemain Persebaya M Hidayat mengaku siap tampil 100 persen dan memberikan kontribusi maksimal saat menghadapi PSMS Medan. "Tampil di kandang dan disaksikan ribuan Bonek (suporter Persebaya) menjadi motivasi kami dan targetnya adalah tiga poin," ujarnya. (yps)