UNTUK INDONESIA

Pernyataan Perdana 6 Menteri Baru Selepas Dilantik Jokowi

Enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju dilantik Presiden Jokowi. Usai dilantik, menteri langsung memberi pernyataan publik perdana.
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Enam menteri hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju dilantik Presiden Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2020 di Istana Negara. Usai dilantik, ke enam menteri langsung memberi pernyataan publik perdana.

Ini petikan pernyataan publik mereka di Istana Negara:

1. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin resmi dilantik Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2020. Dia menggantikan Terawan Agus Putranto menjadi Menteri Kesehatan.

Budi Gunadi SadikinMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Tagar/Ist)

“Kami dihubungi Pak Pratik (Mensesneg) sekitar minggu lalu. Dan diberitahu bahwa diberikan amanah sebagai Menteri Kesehatan di awal minggu ini,” katanya seusai pelantikan.

Ia diminta Presiden Jokowi segera menyelesaikan masalah Covid-19 secepat-cepatnya. Karena pemerintah menginginkan semua aspek kehidupan kembali normal, baik dunia usaha, perdagangan, pendidikan, transportasi, hingga pariwisata.

"Khusus mengenai tugas yang diminta oleh Bapak Presiden agar fokus segera bisa dilakukan, bagaimana kami bisa menangani masalah Covid-19 ini dengan secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya," ujar Budi dalam konferensi pers virtual.

Budi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong royong membantu mengatasi masalah Covid-19, agar cepat teratasi.

“Dan kami membutuhkan dukungan dari teman-teman seluruh rakyat Indonesia untuk menyukseskan amanah yang diberikan kepada kami,” ujarnya.

Walaupun bukan berasal dari bidang kesehatan, Budi mengaku siap mengemban tugas yang diberikan Presiden Jokowi dengan sebaik baiknya.

Budi sempat menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Aluminium dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN.

“Segera kami bisa mengatasi pandemi Covid-19 ini, dan kembali hidup normal untuk Indonesia masa depan yang lebih jaya,” katanya.

2. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Yaqut Cholil Qoumas dilantik sebagai Menteri Agama oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2020 di Jakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil QoumasMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Tagar/dok. Kemenag)

Pria yang kerap dipanggil Gus Yaqut, menceritakan awal mula bagaimana ia menjadi Menteri Agama. Berawal dari ia dihubungi Mensesneg Pratikno.

"Kira-kira hari Kamis, Kamis minggu yang lalu. Dan baru dikasih tahu untuk ke Istana, pagi hari,” ujarnya.

Ia pun mantap untuk menerima dan sudah siap mengemban jabatan baru yang diamanahkan kepadanya.

"Apa yang akan kami lakukan? Seperti kemarin yang saya sampaikan. Sebenarnya banyak yang mau dikerjakan, tetapi kalau dirangkum hanya menjadi satu kalimat pendek. Yaitu, bagaimana membuat agama ini sebagai inspirasi, bukan aspirasi.

Itu bisa di-breakdown ke banyak hal, baik bagaimana cara berhubungan antarumat beragama, hubungan intern umat beragama, bisa juga tentang pandemi,” jelasnya, selepas dilantik.

Ia juga memastikan bahwa akan ada hal-hal baru, terobosan baru dari Kementerian Agama. Gus Yaqut memastikan bahwa terobosannya akan berbeda dari masa- sebelumnya

3. Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu resmi dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Jakarta pada Rabu, 23 Desember 2020.

Wahyu Sakti TrenggonoMenteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono. (Foto: Tagar/Ist)

Ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Ia sendiri mengaku kaget awalnya ketika dipercayakan untuk mengemban tugas ini.

"Terobosan yang akan saya lakukan, tentu sebagai lembaga kementerian yang menjaga laut, maka memastikan keberlangsungan ekosistem kelautan bisa berjalan dan tidak rusak. Di sisi lain harus bisa membeli manfaat kesejahteraan besar bagi bangsa. Itu yang akan kami lakukan dalam waktu yang tidak lama barangkali 1-2 bulan ke depan. Saya akan belanja masalah, mana yang baik akan kami lanjutkan dan yang tidak baik akan kami hentikan," kata Trenggono.

Wahyu menggantikan Edhy Prabowo dari jabatannya karena terjerat kasus dugaan korupsi.

Dia merupakan seorang politisi dan pengusaha, serta sempat menjadi Bendahara Partai Amanat Nasional dari 2009 sampai sekitar 2013.

Lalu menjadi Bendahara Tim Pemenangan Jokowi sejak Jokowi berkiprah sebagai Wali Kota Surakarta sebelum akhirnya maju ke Jakarta dan tingkat nasional sebagai presiden.

4. Menteri Sosial Tri Rismaharini

Mantan Wali Kota Surabaya ini resmi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara di Istana Negara pada Rabu, 23 Desember 2020.

Tri RismahariniMenteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Tagar/Ist)

Risma mengaku kaget ketika mendapat telepon pada Senin lalu, yang memintanya untuk ke Istana pada keesokan harinya.

Mengenakan kebaya berwarna merah, Risma membocorkan tugas yang diperintahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada dirinya.

"Yang pertama, yang sangat urgen adalah bagaimana realisasi bantuan untuk yang triwulan IV dan nanti awal tahun 2021 Januari. Itu minggu pertama harus bisa keluar, karena ini juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional," ucap Risma, dalam konferensi pers yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Mulai sekarang ia dan timnya mengaku harus bekerja keras agar bantuan triwulan IV dapat tersampaikan kepada masyarakat tepat waktu.

Kedua, Risma akan fokus pada pemberdayaan. Dia berharap dengan adanya bansos akan berdampak langsung kepada kesejahteraan masyarakat.

Ia akan mengajak seluruh jajaran pemerintah setempat hingga RT RW agar pembagiannya merata.

Ketiga, Risma akan fokus mengantisipasi fenomena La Nina yang dikeluarkan BMKG dengan potensi kemarau panjang dan tentunya akan berdampak pada pertanian.

5. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Eks Wagub DKI Jakarta ini resmi dilantik sebagai Menteri Parekraf oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2020.

Sandiaga UnoMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Tagar/Ist)

Pada awalnya Sandiaga sempat kebingungan ketika ditelepon Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan sebelum dipanggil ke Istana oleh Presiden Joko Widodo.

Dia mengira bahwa pesan itu bersangkutan mengenai kesembuhannya dari virus Covid-19.

Baru pada Senin, 21 Desember 2020 dirinya menerima konfirmasi terkait pemanggilan ke Istana.

"Kepastian Selasa pagi, diminta ke Istana pukul 15.00 WIB. Tanpa informasi lain, hanya mengenakan baju putih," kata Sandi.

Sandiaga mengatakan, momentum Covid-19 selama hampir satu tahun ini membuat semua pihak pada akhirnya harus bersatu untuk melawan virus tersebut.

Ia mengajak masyarakat untuk beradaptasi di masa pandemi Covid-19 dan berkolaborasi kepada semua pihak yang terdampak pada sektor pariwisata.

Dia pun mengaku sudah saatnya untuk memberi kontribusi dan sumbangsih pada bangsa dan negara.

Oleh karena itu, dia menyebut sudah saatnya menyingkirkan kepentingan pribadi, politik, atau golongan.

"Semua kita lakukan demi kepentingan bangsa dan negara. Dan jika negara memanggil pada saat ini lah menurut saya tanggung jawab ada di pundak masing-masing dari kita," kata dia.

6. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Lutfi kembali dilantik menjadi Menteri Perdagangan kali kedua. Dia menggantikan Agus Suparmanto. Ia resmi dilantik oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 23 Desember 2020.

Muhammad LutfiMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto: Tagar/Ist)

Sebelumnya ia menjabat menjadi Duta Besar Indonesia di Amerika. Setelah sertijab, Lutfi mengungkapkan bahwa ada beberapa poin yang menjadi perhatian Presiden Jokowi.

"Jadi waktu kemarin dipanggil Pak Jokowi, pesan tiga hal, adalah menjaga kestabilan harga terutama inflasi, kedua beliau titip pesan bahwa mesti dibantu UMKM, pasar-pasar ekspor diperbaiki strukturnya. Kalau, perlu panggil konsultan dari Balai Latihan Ekspor," kata Lutfi usai pelantikan.

Jika salah mengambil tindakan akan terjadi boomerang karena barang impor banyak membanjiri Indonesia. Namun Jokowi mengamanatkan agar perundingan dagang tetap berjalan.

"Kami juga melihat opportunity-opportunity atau peluang menegosiasikan pasar nontradisional, seperti negara Afrika dan South America, jadi ini bagian utama yang akan dipelajari sesuai keinginan pak Presiden," kata dia.[Anita Nur Ayu/Magang]

Berita terkait
Jadi Menteri Agama, Pidato Yaqut Cholil Qoumas Dipuji Addie MS
Addie MS memberikan pujian kepada Gus Yaqut Cholil Qoumas atas pidato yang disampaikan setelah diangkat menjadi Menteri Agama.
Gus Yaqut Ingin Jadikan Kemenag Kementerian Semua Agama
Menteri Agama sampaikan komitmennya untuk jadikan Kementerian Agama sebagai Kementerian semua agama.
Kena Reshuffle, Wishnutama Beri Pesan Terakhir Sebagai Menteri
Wishnutama memberikan pesan terakhir sebagai menteri sebelum posisinya digantikan oleh Sandiaga Uno.
0
Pernyataan Perdana 6 Menteri Baru Selepas Dilantik Jokowi
Enam menteri baru Kabinet Indonesia Maju dilantik Presiden Jokowi. Usai dilantik, menteri langsung memberi pernyataan publik perdana.