UNTUK INDONESIA
Perjanjian Damai Batal, AS Gempur Taliban
AS melancarkan serangan udara pertama ke milisi Taliban di Afganistan Rabu (4/3/2020). Perjanjian damai antara keduanya batal.
Proses penandatanganan Kesepakatan untuk Perdamaian Afghanistan atau Comprehensive Peace Agreement (CPA) antara Amerika Serikat dan Taliban di Doha, Qatar (29/2/2020). (Foto: Antara/Kemlu RI)

Jakarta - Amerika Serikat (AS) melancarkan serangan udara pertama ke milisi Taliban di Afganistan Rabu (4/3/2020) atau tepat dua hari setelah AS dan perwakilan Taliban menandatangani perjanjian damai pada 2 Maret 2020 di ibu kota Qatar, Doha.

"AS melakukan serangan udara tanggal 4 Maret melawan pejuang Taliban di Nahr-e Saraj, Helmand," kata Juru Bicara Angkatan Udara AS-Afganistan Sonny Leggett, melalui akun Twitter-nya.

Serangan ini dilakukan setelah Taliban pada Selasa malam 3 Maret 2020, yang menyebabkan total 20 tentara Afganistan dan polisi tewas.

"Pejuang Taliban menyerang tiga pos tentara di Imam Sahib, distrik Kunduz. Membunuh 10 tentara dan empat polisi," kata anggota Konsil Provinsi Safiullah Amiri.

Hal senada juga dikatakan Juru Bicara Pemerintah Zergai Ebadi. Dia menuturkan serangan di provinsi Uruzgan, membuat enam orang polisi terbunuh dan dua luka-luka.

Padahal sebelumnya, dalam konferensi pers di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump mengatakan hubungan dengan Taliban dalam situasi dan kondisi yang baik.

"Sangat baik," katanya sebagaimana dikutip dari laman yang sama, sesaat setelah melakukan komunikasi telepon dengan pemimpin Taliban, Mullah Baradar.

"Hubungan yang ada sangat baik dan saya juga sudah berbicara dengan Mullah. Kami banyak bercerita hari ini dan kalian tahu, mereka ingin menghentikan kekerasan."

Sebelumnya AS dan Taliban sudah membicarakan perdamaian damai sejak dua tahun ini. Dalam perjanjian damai di Doha, AS akan meninggalkan Afganistan dalam 14 bulan.[]

Berita terkait
Akhirnya Taliban Berdamai dengan Amerika Serikat
Penandatanganan Kesepakatan untuk Perdamaian Afghanistan antara Amerika Serikat dan Taliban berlangsung di Doha, Qatar, Sabtu, 29 Februari 2020.
Taliban dan Amerika Serikat akan Berdamai?
Kabar yang menyebut bahwa Amerika Serikat (AS) dan Taliban akan berdamai. Perjanjian damai akan diteken bulan ini.
Dua Tentara AS Tewas Terkena Bom di Afghanistan
Dua tentara AS tewas setelah mobil mereka menabrak bom pinggir jalan di Provinsi Kandahar.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.