Perbandingan Jumlah Anggota Grup di WhatsApp dan Telegram

Kedua aplikasi chatting ini memiliki layanan grup chat, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari jumlah anggota grup.
Ilustrasi perbandingan WhatsApp dan Telegram. (Foto: Tagar/Pinterest)

Jakarta - Aplikasi berbagi pesan, WhatsApp dan Telegram saat ini memang banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai media untuk berkomunikasi satu sama lain atau bahkan untuk wadah komunikasi sebuah grup. Namun kedua aplikasi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, khususnya untuk jumlah maksimal anggota grup.

Dalam keterangan di situs resmi WhatsApp, aplikasi chatting milik Facebook ini membatasi peserta dalam sebuah grup sebanyak 256 orang. Jumlah tersebut belum mendapatkan pembaruan lagi sejak 2016, yang dimana sebelumnya anggota grup WhatsApp dibatasi untuk 100 orang saja.

Lalu bagaimana dengan kapasitas maksimal anggota grup Telegram? Dalam keterangan resminya di situs Telegram, aplikasi chatting ini memiliki anggota maksimal hingga 200.000 orang. Bahkan Telegram juga memiliki fitur Channel yang dapat menyiarkan pesan ke banyak orang. Channel ini memiliki jumlah anggota yang tidak terbatas.

Alasan Mengapa Anggota Grup WhatsApp Hanya 256 Orang

Belum ada keterangan resmi mengapa jumlah anggota grup WhatsApp hanya terbatas pada 256 orang saja, padahal aplikasi chatting cukup populer dikalangan masyarakat.

Bila melansir laman Gadgetsnow, Senin, 2 November 2020, terbatasnya jumlah anggota grup WhatsApp ini kemungkinan disebabkan adanya pembatasan server dan platform. Hal ini juga mungkin dijadikan alasan bagi WhatsApp untuk melihat bagaimana pengguna dan bisnis memanfaatkannya, dan secara bertahap Facebook akan meningkatkan jumlah anggotanya.

Selain itu, alasan lain pembatasan anggota grup ini juga untuk meminimalisir penyebaran pesan-pesan spam dan hoaks. Pasalnya, banyaknya jumlah anggota grup, tentunya akan membuat penyebaran pesan spam dan hoaks juga semakin cepat.

Tentunya pembatasan ini tidak semata-mata untuk alasan tersebut saja. Facebook juga ingin menghasilkan uang dan memonetisasi dari aplikasi WhatsApp ini. Artinya jika saat ini jumlah anggota grup hanya terbatas 256 orang saja, Facebook nantinya akan mengenakan biaya bagi penggunanya yang ingin membuat sebuah grup dengan jumlah peserta lebih dari batas yang ditentukan.[]

Berita terkait
WhatsApp Segera Rilis Fitur Pesan Menghilang, Ini Fungsinya
Fitur Pesan Menghilang akan dirilis untuk pengguna iOS, Android, KaiOS, dan Web/Desktop.
Pendiri Telegram Sebut WhatsApp Berbahaya
Pendiri dan CEO Telegram Pavel Durov mengatakan aplikasi berbagi pesan WhatsApp berbahaya, mudah diretas oleh hacker.
Kini, Telegram Punya Fitur Video Call di iOS-Android
Telegram, aplikasi percakapan instan, meluncurkan versi alfa dari panggilan video one-on-one pada aplikasi Android dan iOS.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.