UNTUK INDONESIA
Perairan Kabupaten Cianjur Ditebar Bibit Ikan Nila
Untuk antisipasi ketahanan pangan di masa AKB saat pandemi Covid-19 Pemkab Cianjur tebar bibit ikan nila di perairan Cianjur
Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur, Jabar, tebar bibit ikan nila di perairan umum Cianjur, 28 Agustus 2020 (Foto: Tagar/cianjurkab.go.id).

Cianjur - Sebanyak 50 ribu bibit ikan nila ditebarkan di perairan umum di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Bart. Hal itu untuk mengantisipasi ketahanan pangan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) saat pandemi Covid-19.

Menurut Winny Parwinia, Kadis Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Cianjur, pada Jumat, 28 Agustus 2020, pihaknya melaksanakan kegiatan penebaran bibit ikan di peraian umum di Kabupaten Cianjur. Semua kecamatan, yaitu sebanyak 32, yang ada di Kabupaten Cianjur akan mendapatkan bantuan bibit ikan nila secara bertahap.

“Pertama di Kecamatan Karangtengah di Sungai Cibalagung, titik kedua di Kecamatan Cianjur di Selokan Babakan Karet, ketiga di Kecamatan Cugenang di Selokan Longkewang,” kata Winny. Dikatakan oleh Winny bahwa penebaran ikan di perairan umum untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat, sehingga kebutuhan gizi konsumsi ikan di masyarakat merata.

“Jadi, 50 ribu bibit ikan nila itu untuk setiap kecamatan, dan akan disebarkan di beberpa titik desa yang ada di kecamatan tersebut,” ujar Winny. Selain memberikan 50 ribu bibit ikan nila, pihaknya juga memberikan ikan yang sudah siap konsumsi yang ditebar di kolam masyarakat umum.

“Jadi nanti ada dampak keseimbangan ekosistem di Kabupaten Cianjur, bahwa di perairan umum Cianjur itu bukan hanya dipenuhi sampah tetapi penuh ikan untuk sumber protein masyarakat,” kata Winny penuh harap.

Sementara itu, Bupati Cianjur, H Herman Suherman, mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan ke sungai atau selokan. “Karena itu media atau tempat hidupnya ikan, masyarakat harus sadar dengan hal ini, mari kita jaga bersama-sama. Semoga masyarakat senang dan menerima bantuan ini, karena ini kan untuk masyarakat juga,” kata Bupati Herman (cianjurkab.go.id). []

Berita terkait
Warga Tionghoa Bicara New Normal ke Bupati Cianjur
Pengurus atau paguyuban Tionghoa melakukan audiensi terkait bakti sosial di masa new normal dan ketahanan pangan di Kabupaten Cianjur
Pemkab Cianjur Tingkatkan Sektor Pembangunan Manusia
Pertumbuhan IPM ini menempatkan Kabupaten Cianjur diperingkat ke sembilan dibandingkan kabupaten atau kota lain di Jabar
0
Manajemen Bioskop di Yogyakarta Berhitung Untung Rugi
Managemen bioskop di Yogyakarta belum bisa memastikan kapan mulai beroperasi lagi. Saat ini masih berhitung untung dan rugi jika beroperasi.