UNTUK INDONESIA
Penyebab Kebakaran SMAN 1 Pangkah Tegal
Korsleting listrik diduga jadi pemicu kebakaran di SMAN 1 Pangkah Tegal, Kamis pagi, 27 Februari 2020.
Petugas pemadam kebakaran memeriksa salah satu ruangan SMAN 1 Pangkah, Tegal, yang ludes terbakar‎, Kamis pagi, 27 Februari 2020. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - ‎Kebakaran Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah meludeskan empat ruangan dan pendopo sekolah, Kamis 27 Februari 2020. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Menyusul kebakaran tersebut, Polres Tegal memasang garis polisi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di sekolah yang berada di Jalan Raya Kalikangkung, Kecamatan Pangkah itu. Sejumlah petugas inafis tampak memeriksa empat ruangan yang ludes terbakar.

‎Sejumlah bagian yang diperiksa di antaranya meteran dan instalasi listrik di bagian atap ruangan yang terbakar. Polisi juga memeriksa puing-puing barang-barang di ruangan yang terbakar. Ruangan lain yang bersebelahan dengan ruang yang terbakar juga tak luput dari pemeriksaan.

Dugaan sementara dari korsleting listrik.

Kepala Bagian Operasional Polres Tegal‎ Ajun Komisaris Aris Heriyanto mengatakan, olah TKP dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. "Dugaan sementara dari korsleting listrik. Tapi untuk memastikannya menunggu hasil olah TKP dan penyelidikan Satuan Reserse Kriminal," kata Aris, Kamis, 27 Februari 2020.

Dugaan korsleting listrik tersebut karena dari keterangan pihak sekolah instalasi listrik kerap mengalami masalah dan sudah pernah diperbaiki oleh PLN. "Nanti dari hasil penyelidikan, bisa diketahui apakah karena korsleting listrik atau karena sebab lain," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran melanda SMA Negeri 1 Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sekira pukul 05.30 WIB. Pagi itu pegawai kebersihan sekolah, Adi Arif, 31 tahun, yang sedang tidur di dapur terbangun ketika mendengar suara percikan api. Saat dilihat, kobaran api sudah membakar ruangan penyimpanan arsip.

Adi dan penjaga sekolah, Iwantoro, 46 tahun, kemudian berusaha memadamkan api. Namun si jago merah dengan cepat membesar dan menjalar ke ruangan lain. Keduanya kemudian meminta pertolongan warga dan menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran.

"Sekolah masih sepi, belum ada guru dan siswa yang berangkat, jadi saya langsung minta tolong warga. Tapi api cepat membesar. Pertama yang terbakar ruang arsip. Api langsung membesar karena isinya berkas-berkas," kata Iwantoro.

‎Sekitar pukul 06.00 WIB, dua unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Tegal tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman. Setelah berjibaku selama sekitar satu jam, petugas berhasil memadamkan kobaran api. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kronologi Kebakaran di SMAN 1 Pangkah Tegal
Kebakaran melanda SMAN 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Dari mana asal muasal api?
Ini Penyebab Kebakaran Kantor Kecamatan Tarub Tegal
Polisi tidak menemukan indikasi kesengajaan di kebakaran Kantor Kecamatan Tarub, Tegal. Api diduga dari korsleting colokan dan kabel yang serabut.
Wali Kota Tri Rismaharini Pimpin Pemadaman Kebakaran
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memimpin langsung dalam memadamkan kebakaran di toko UFO Electronics di Jalan Kertajaya, Surabaya, Jawa Timur.
0
Sekolah Libur Akibat Terendam Banjir di Kulon Progo
Siswa diliburkan setelah SD di Kulon Progo, Yogyakarta tergenang banjir.