Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mencegahmya

Daerah selangkangan perlu dibersihkan untuk mencegah terjadinya lembab.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Menjaga daerah selangkangan sangatlah penting bagi para wanita. Daerah selangkangan ini perlu dibersihkan untuk mencegah terjadinya lembab. Seperti pada area lipatan selangkangan, di bawah payudara, dan di perut. Untuk orang berukuran lebih besar di area lipatan leher, lengan, siku dalam, kaki, di belakang lutut, dan antara jari kaki.

Gatal pada area selangkangan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes, mungkin berisiko ekstra untuk infeksi karena kemampuan yang lemah untuk melawan infeksi. Dilansir dari Uofmhealth, berikut penyebab gatal di selangkangan dan cara mencegahnya.

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur ini bisa menyebabkan gatal di area selangkangan, selain itu gatal ini bisa menyebar ke paha hingga bokong. Gejala ini dikenali dari kemerahan pada selangkangan yang terasa gatal dan perih, terutama pada saat berolahraga.

2. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan atau scabies, parasit ini dapat hidup di area rambut manusia teutama rambut kemaluan yang menyebabkan gatal-gatal. Gejala kutu pada kemaluan ini terasa gatal di daerah kemaluan dan keadaannya memburuk pada malam hari, karena kutu aftif bergerak pada malam hari.

3. Dermatitis kontak

Peradangan kulit atau dermatitis kontak bisa juga penyebab gatal akibat bersentuhan dengan zat atau benda tertentu. Benda yang bisa menyebabkan gatal ini seperti karet pada bagian celana dalam atau sabun kewanitaan.

4. Psoriasis

Penyakit autoimun ini bisa menyebabkan peradangan pada kulit yang dapat memicu gatal pada selangkangan, biasa disebut psoriasis inversa. Gejala ini biasanya gatal kulit bersisik dan bercak merah yang tebal.


Cara mencegah gatal pada selangkangan:

  • Mengganti pakaian dalam setelah dipakai selama seharian atau basah.
  • Biarkan kulit kering 5-10 menit tanpa menggunakan dalaman baru dan gunakan handuk bersih.
  • Bersihkan area tersebut setiap hari menggunakan sabun dan air, terutama setelah beraktivitas di luar.
  • Hindari pemaikaian celana dalam yang terlalu ketat.


(Ghariza Syifa Riyashi)


Berita terkait
7 Cara Mengurangi Risiko Vagina Robek Saat Persalinan
Terkadang, persalinan dengan bantuan menggunakan forsep atau vakum, juga berkontribusi pada robekan vagina yang lebih besar.
10 Cara Efektif untuk Mengatasi Air Mata Vagina
Metode-metode ini membantu mengeringkan luka secara dini dan mengurangi rasa sakit dan peradangan pada perineum.
Berhubungan Seksual Setiap Hari Bikin Vagina Longgar?
Banyak yang menyebutkan sering berhubungan seksual bisa membuat vagina atau Miss V menjadi longgar. Apakah ini mitos atau fakta? Ini penjelasannya.
0
Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mencegahmya
Daerah selangkangan perlu dibersihkan untuk mencegah terjadinya lembab.