Penggali Sumr Temukan Batu Safar, Harganya Sekitar 1,4 T

Ukuran dan nilai batu bernama “Serendipity Sapphire” ini mencapai berat 510 kilogram atau 2,5 juta karat. Harganya mencapai USD100 juta.
Batu Safir. (Foto: Tagar/Detik)

Jakarta - Batu safir bintang terbesar di dunia tanpa sengaja ditemukan oleh seorang penggali sumur di Sri Lanka saat menggali sumur di halaman belakang rumah majikannya di daerah Ratnapura.

Ratnapura merupakan kota permata dalam bahasa Sinhala, dan tersohor sebagai ibu kota permata negara Asia Selatan.

“Ini adalah spesimen safir bintang khusus, mungkin yang terbesar di dunia,” kata Ketua Otoritas Permata dan Perhiasan Nasional Sri Lanka, Thilak Weerasinghe dikutip dari BBC.


Ini adalah spesimen safir bintang khusus, mungkin yang terbesar di dunia.


Ukuran dan nilai batu bernama “Serendipity Sapphire” ini mencapai berat 510 kilogram atau 2,5 juta karat. Harganya ditaksir sangat fantastis yakni mencapai USD100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun di pasar internasional.

Di sisi lain, batu tersebut ternyata tidak menjadi milik kuli yang pertama kali menemukannya melainkan menjadi milik majikannya, Gamage.

Pria yang merupakan pedagang permata generasi ketiga itu tak mau memberikan identitasnya serta lokasi penemuan secara detail karena alasan keamanan.

Dia mengaku kuli bangunan yang menggali sumur di belakang rumahnya memberitahu tentang temuan beberapa batu langka.

Kemudian, pihaknya menemukan spesimen besar yang butuh waktu hingga lebih dari satu tahun untuk membersihkannya dari lumpur dan kotoran tersebut.

Gamage menyatakan beberapa batu jatuh dari klaster dan terdapat temuan batu safir bintang berkualitas tinggi selama proses pembersihan. []


Baca juga

Berita terkait
Penemuan Jasad Bocah 7 Tahun yang Disimpan Selama 4 Bulan
Akhirnya jasad bocah yang berumur empat tahun ditemukan pihak kepolisian setelah empat bulan di sembunyikan oleh kedua orang tuanya.
Penemuan Benda Mencurigakan Bertuliskan Munarman FPI di Depok
Benda mencurigakan dengan bertuliskan Munarman FPI ditemukan di Jalan Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat.
Ini 7 Fakta Menarik Penemuan Jenglot di Makam Keramat Kudus
Sebuah jenglot ditemukan di makam keramat Mbah Buyut Akasah, Kudus. Berikut tujuh fakta terkait penemuan jenglot tersebut
0
Penggali Sumr Temukan Batu Safar, Harganya Sekitar 1,4 T
Ukuran dan nilai batu bernama “Serendipity Sapphire” ini mencapai berat 510 kilogram atau 2,5 juta karat. Harganya mencapai USD100 juta.