UNTUK INDONESIA
Pemulihan Ekonomi, Erick Thohir Ajak Kolaborasi PBNU
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akselerasi pemulihan ekonomi nasional (PEN) memerlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya PBNU.
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Ketua Umum PBNU Saiq Aqil Siradj (kiri) dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta pada Jum’at, 4 September 2020. (Foto: bumn.go.id)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan akselerasi pemulihan ekonomi nasional (PEN) memerlukan dukungan dari berbagai pihak termasuk organisasi keagamaan. Salah satu organisasi keagamaan yang dianggap punya kekuatan adalah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Erick yang juga Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menuturkan dukungan yang dimaksud adalah kekuatan pentahelix, yaitu kekuatan pemerintah, kekuatan komunitas/masyarakat, kekuatan para akademisi, kekuatan dunia usaha, dan kekuatan media.

PBNU sendiri, kata dia sudah memenuhi empat dari lima kekuatan pentahelix, yakni komunitas, akademisi, dan dunia usaha melalui Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdliyin (P2N-PBNU).

“Saya harap, P2N dapat memberikan warna dalam dunia perdagangan, perekonomian, dan profesionalisme dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional yang langsung dapat berdampak kebaikan bagi masyarakat Indonesia," tutur Erick seperti dikutip Tagar dalam siaran pers Kementerian BUMN, Sabtu, 5 September 2020.

Menurut dia partisipasi PBNU dalam implementasi program-program akan diperlukan untuk pemulihan ekonomi. Karena, Kementerian BUMN kata dia perlu bantuan untuk menjalankan pogram, seperti pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan optimalisasi peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam hal pengadaan barang dan jasa BUMN yang dapat dilakukan melalui platform digital PaDi UMKM.

Kemudian, dukungan pelaksanaan program pembinaan masyarakat sekitar yang berkaitan dengan program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Partisipasi NU sangat penting dalam mengimplementasikan program percepatan pemulihan ekonomi sehingga jika proyek UMKM bebrasis digital berhasil maka kerja sama dalam program lain bisa dilanjutkan," ucapnya.

Sinergi Kementerian BUMN dengan PBNU diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Erick Thohir dan Ketua Umum PBNU Saiq Aqil Siradj dan disaksikan oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dan jajaran pengurus PBNU.

Kolaborasi tentang Koordinasi Hubungan Kerja Sama Kementerian BUMN dan Nahdlatul Ulama dilaksanakan di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Jakarta pada Jum’at, 4 September 2020. []

Berita terkait
Erick Thohir: Tenaga Kesehatan Dapat Prioritas Vaksin
Erick Thohir memastikan seluruh tenaga kesehatan, mulai dari dokter, perawat, hingga bidan akan diprioritaskan mendapat imunisasi vaksin Covid-19.
DPR Apresiasi Erick Larang Jajarannya Terima Hadiah
Mohammad Toha mengapresiasi atas kebijakan Erick Thohir yang melarang keras para bos perusahaan BUMN menerima hadiah.
DPR: Holdingisasi BUMN Oleh Erick Thohir Langkah Maju
DPR mengapresiasi sejumlah kebijakan kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir, di antaranya adalah holdingisasi BUMN.
0
Jadwal Liga Europa, Ujian AS Roma dan AC Milan
Tim-tim Serie A Italia menghadapi ujian di laga pertama Liga Europa. AS Roma menghadapi Young Boys, sedangkan AC Milan bertemu Celtic.