UNTUK INDONESIA
Pelatihan Teknisi AC Cirebon Power
Teknisi AC mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan penghasilan sehingga menarik minat banyak remaja
20 remaja mengikuti pelatihan teknisi AC Cirebon Power. (Foto: Tagar/Charles).

Cirebon - Sebanyak 20 remaja warga sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cirebon Power mengikuti pelatihan teknisi air conditioner (AC) yang diselenggarakan Cirebon Power. Kegiatan pelatihan yang berlangsung di Gedung Vocational Training Center ini, dimulai sejak Rabu, 4 Maret 2020 dan akan berlangsung selama satu bulan ke depan.

Pelatihan teknisi AC ini diberikan oleh instruktur pelatihan dari Perkumpulan Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara Indonesia (PTRTUI) wilayah Cirebon Aris Suharto.

Aris menyampaikan, pihaknya akan mengajarkan para peserta pelatihan terkait kompetensi yang dimilikinya. Karena menurut Aris, teknisi AC mampu menciptakan lapangan kerja dan memberikan penghasilan bagi para remaja peserta pelatihan ini.

"Kami akan mengajarkan kompetensi kami sebagai teknisi pendingin ruangan untuk peserta didik di PLTU ini. Jasa teknisi AC juga berpeluang menghasilkan pendapatan," ujar Aris, Rabu.

Menurut Aris, selama satu bulan ke depan, para peserta tidak saja diberikan pelatihan keterampilan mengenai cara memperbaiki AC yang rusak namun, tidak menutup kemungkinan para peserta akan diberikan pelatihan keterampilan lain terkait barang elektronik lainnya.

"Kira-kira satu bulan pelatihan ini dilakukan, kami ajarkan dari nol sampai mereka bisa terjun ke lapangan, dengan harapan mereka bisa mandiri serta buka usaha sendiri," katanya.

Head of Vocational Training Algan Naharo menuturkan, ada sebanyak 20 peserta yang merupakan warga sekitar PLTU, yang mengikuti kegiatan ini. Pihaknya memilih mengadakan pelatihan AC, karena keterampilan ini sangat berpeluang untuk menjadi mata pencaharian. "Peluang usahanya sudah jelas, karena pengguna AC kan banyak, tentu bisa jadi sumber penghasilan," kata Algan.

Algan mengungkapkan, setelah mengikuti pelatihan yang akan diselenggarakan selama 24 hari, peserta juga akan dilakukan sertifikasi dan pembentukan unit usaha. "Sehingga nanti, bisa langsung memberikan pelayanan kepada konsumen," kata Algan.

Salah seorang peserta pelatihan, Muhammad Amarrullah, warga Desa Kanci, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon mengaku, dirinya mengikuti pelatihan ini karena ingin menjadi teknisi AC yang profesional. Amar berharap, setelah mengikuti pelatihan teknisi AC ini, dirinya bisa lebih paham lagi tentang operasi dan pemeliharaan AC, sehingga bisa membuka usaha sendiri. "Kepingin bikin usaha service AC sendiri," katanya.

Hal sama juga diakui peserta pelatihan lainnya, Kholisna Amirruddin yang berasal dari Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Kholis juga berharap bisa mendirikan usaha sendiri, usai mengikuti pelatihan ini. Kholis mengaku cukup antusias dan ingin belajar mendalami keterampilan ini secara maksimal.

"Saya pernah menjadi security dan di sini saya ingin belajar soal AC. Karena saya ingin menjadi teknisi AC yang profesional dan membuka usaha sendiri," ujar Kholis.

Head of Communication Cirebon Power, Yuda Panjaitan menuturkan, program pelatihan seperti ini rutin digelar oleh Cirebon Power dan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat dan rutin digelar oleh Cirebon Power

“Bukan hanya untuk teknisi AC, tapi juga teknisi listrik, scaffolder dan lain-lain. Semuanya kita berikan secara gratis untuk warga sekitar, dengan harapan mereka nantinya dapat mandiri secara ekonomi,” ucap Yuda. []

Berita terkait
Kendala Pemasaran Online Batik Tulis Cirebon
Produksi yang terbatas karena belum semua warga Kriyan Barat ikut membuat batik pewarna alam ini.
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.