UNTUK INDONESIA
Pelatih Setien Tak Yakin Bertahan Lama di Barcelona
Pelatih Quique Setien tak yakin bertahan lama di Barcelona. Kegagalan pertahankan gelar juara La Liga Spanyol menjadikan masa depannya tak pasti.
Pelatih Quique Setien (kanan) tak yakin bertahan lama di Barcelona, termasuk saat tim berlaga di Liga Champions. Kegagalan mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol menjadikan masa depannya tak pasti. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Pelatih Quique Setien tak yakin bakal bertahan lama di Barcelona. Bahkan dirinya tak bisa memastikan apakah tetap menangani Barca di Liga Champions. 

Barca mengakhiri kompetisi dengan menjadi runner up La Liga Spanyol. Pesaingnya, Real Madrid, tampil sebagai juara setelah menang 2-0 atas Villarreal, Jumat, 17 Juli 2020 dini hari WIB. Sementara, Barca malah menelan kekalahan 2-1 dari Osasuna di kandang sendiri di Camp Nou. 

Kompetisi tinggal menyisakan 1 pertandingan lagi. Namun Barca sudah langsung fokus di Liga Champions. Minggu, 9 Agustus 2020 dini hari WIB, Blaugrana menjamu Napoli di laga kedua 16 besar Liga Champions. 

Apakah saya tetap akan melatih Barcelona di Liga Champions? Saya berharap demikian, tetapi saya tidak tahu

Pada laga pertama di kandang Napoli, ke-2 tim bermain imbang 1-1. Gol Barca dihasilkan striker Antoine Griezmann. Di laga ke-2, Barca hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke perempat final. 

Hanya Setien sendiri tak yakin dirinya tetap akan menangani Barca atau diberhentikan. Kegagalan mempertahankan gelar juara liga menjadikan masa depan pelatih yang menggantikan Ernesto Valverde ini tak pasti. 

"Apakah saya tetap akan melatih Barcelona di Liga Champions? Saya berharap demikian, tetapi saya tidak tahu," kata Setien kepada Marca

Setien Yakin Peluang Barca di Liga Champions

Menanggapi sikap kapten Lionel Messi yang tak yakin Barca bisa juara Liga Champions, Setien menyatakan bila tim tetap berpeluang untuk memenanginya. Meski demikian dalam beberapa hal, dia sependapat dengan Messi. 

"Saya sepakat dengan Messi dalam beberapa hal tertentu. Ini sebagai kritik terhadap diri sendiri dan saya yang bertanggung jawab," ujar Setien lagi. 

"Saya merasa mampu dan penuh energi. Saya juga perlu yakinkan kami akan menjadi tim yang berbeda. Tim yang memiliki sikap mental kuat dan siap berkompetisi di Liga Champions," ucapnya.

Baca juga: 

7 Pemain Barca Tak Dijual, Griezmann Salah Satunya

Viral, Asisten Pelatih Barca Puji Ronaldo di Medsos

Presiden Barca Josep Maria Bartomeu sesungguhnya sudah menyatakan Setien tetap akan menangani tim musim depan. Namun dia tak bisa menjamin eks pelatih Real Betis ini akan bertahan lama. Pasalnya, masa jabatan Bartomeu sebagai presiden akan berakhir pada 2021. Dirinya sudah tak boleh lagi mencalonkan diri.

Saat ini, Victor Font menjadi calon kuta untuk memimpin Barca. Bila terpilih, Font berjanji membawa pulang eks bintang Blaugrana, Xavi Hernandez, untuk menjadi pelatih.

Xavi sendiri masih melatih klub Qatar Al Sadd. Dia juga telah memperbarui kontrak. Namun Xavi menyatakan dia dan stafnya siap kembali ke Barca. []

Berita terkait
Sulit Juara Liga, Barcelona Fokus di Liga Champions
Barcelona gagal mempertahankan gelar juara La Liga Spanyol. Striker Luis Suarez menyatakan kini Barca beralih fokus ke Liga Champions.
Pemain Melawan, Petinggi Barcelona Dukung Setien
Pelatih Barcelona Quique Setien bersitegang dengan pemain setelah ditahan Celta Vigo. Namun Setien mendapat dukungan dari petinggi Barca.
Pelatih Quique Setien Tak Peduli Dipecat Barcelona
Pelatih Barcelona Quique Setien tak peduli bila dirinya dipecat karena tim memetik hasil buruk. Bila Barca gagal, dia siap bertanggung jawab.
0
Pelatih Setien Tak Yakin Bertahan Lama di Barcelona
Pelatih Quique Setien tak yakin bertahan lama di Barcelona. Kegagalan pertahankan gelar juara La Liga Spanyol menjadikan masa depannya tak pasti.