UNTUK INDONESIA
Pelatih PSM Makassar Fokus Perbaiki Lini Belakang
Lini belakang PSM Makassar menjadi perhatian serius pelatih Bojan Hodak setelah bermain imbang 1-1 melawan Persita Tangerang.
Lini belakang PSM Makassar menjadi perhatian pelatih Bojan Hodak setelah kembali kebobolan saat imbang 1-1 lawan Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Center, Tangerang, Jumat, 6 Maret 2020. Tampak PSM di laga tersebut. (Foto: PSM Makassar)

Makassar - Lini belakang PSM Makassar masih menjadi perhatian serius pelatih Bojan Hodak. Terutama setelah PSM bermain imbang 1-1 saat melawan Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, Jumat, 6 Maret 2020.

Dari empat laga yang dijalani, lini belakang PSM selalu kebobolan. Gawang tim Juku Eja kemasukan di dua laga Piala AFC saat mereka kalah 2-1 melawan tuan rumah Tampines Rovers dan menang 3-1 atas Shan United. 

Sedangkan di Liga 1, tim masih kebobolan saat menang 2-1 melawan PSS Sleman. Terakhir, PSM bermain imbang 1-1 saat melakoni laga tandang melawan Persita Tangerang.

Kami melawan klub-klub berkualitas yang tentu saja menguji kinerja lini belakang. Saya akan terus meningkatkan performa lini tersebut dan juga kiper

Yang agak mengecewakan, PSM sesungguhnya nyaris membawa pulang tiga poin. Pasalnya mereka unggul lebih dulu melalui Asnawi Mangkualam. Namun harapan itu pupus setelah tuan rumah berhasil membalas melalui bek sayap kanan, Edo Febriansyah di menit 59.

Rekor selalu kebobolan di setiap pertandingan menjadi perhatian pelatih Hodak. Apalagi, PSM tidak pernah melewatkan pertandingan tanpa kebobolan. 

Bahkan sejak mengawali pertandingan di musim ini di play-off Piala AFC melawan Lalenok United FC, gawang mereka tetap kemasukan. Begitu pula tim saat menjalani dua uji coba melawan PS Tira Persikabo dan Persiba Balikpapan.  

Rekor buruk itu menjadikan Hodak harus membenahi sektor pertahanan. Dirinya berharap performa lini tersebut sudah lebih baik atau menunjukkan peningkatan saat PSM menjalani laga di Piala AFC melawan Kaya FC, Selasa, 10 Maret 2020.

"Ya situasi ini sangat buruk. Kami melawan klub-klub berkualitas yang tentu saja menguji kinerja lini belakang. Saya akan terus meningkatkan performa lini tersebut dan juga kiper," kata Hodak di Makassar, Sabtu, 7 Maret 2020.

Lini Depan PSM Beri Harapan

Bila lini belakang menjadi perhatian Hodak, sebaliknya sektor depan mulai menerbitkan harapan. Sebelumnya, pelatih asal Kroasia ini menggenjot lini depan demi meningkatkan daya gedor tim. 

Bagaimana tidak, ketajaman Pasukan Ramang sempat menurun sehingga tim mengalami kekalahan di Piala AFC. Saat beruji coba, barisan depan mereka masih tak memuaskan. 

Meski demikian, performa Ezra Wallian dkk sudah membaik sejak laga melawan Shan United dan kemudian PSM. Terbukti, lima gol ditorehkan tim di dua laga tersebut.

Saat melawan Persita, mereka sesungguhnya juga berpeluang menang bila striker Osas Saha berhasil memanfaatkan umpan silang Willem Jan Pluim. Namun peluang itu gagal diselesaikan. 

"Osas bekerja sangat keras di laga tersebut meski tidak mencetak gol. Jika berhasil melakukannya, dia bakal mendapat pujian tapi nyatanya tidak," ujarnya.

Menurut Hodak ketajaman lini depan tim didukung stok banyak penyerang. Selain Saha, ada Giancarlo Rodrigues, dan Ferdinand Sinaga. Hanya tidak semua striker dimainkan. Namun mereka bakal mendapat kesempatan bermain karena dirinya akan merotasi pemain depan.

"Kalian bisa melihat kami mempunyai banyak penyerang. Terkadang Carlo yang dimainkan. Tetapi terkadang Osas, dan juga Ferdinand yang tampil," tuturnya.

Di laga terakhir, Ferdinand tak dimainkan sejak menit pertama. Namun top scorer klub dengan torehan delapan gol ini bakal menjadi andalan di laga berikutnya. 

"Sangat banyak laga yang akan dimainkan sepanjang musim ini. Ini yang menjadi alasan saya memberikan kesempatan bermain kepada semua pemain," katanya lagi.

Hasil imbang melawan Persita menjadikan PSM menduduki puncak klasemen dengan poin empat. Sama dengan juara bertahan Bali United, namun PSM unggul selisih gol. []

Berita terkait
Gagal Menang di Laga Away, Tapi PSM ke Posisi Puncak
PSM Makassar gagal menang di laga away usai imbang 1-1 lawan Persita Tangerang. Tambahan 1 poin ini bawa PSM ke posisi puncak Shopee Liga 1.
Pelatih PSM Puji Kekompakan Pemain Persita Tangerang
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak tak remehkan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020. Menurut dia Persita mampu tampil kompak.
Misi Kemenangan Ketiga PSM Lawan Persita Tangerang
PSM Makassar optimistis menang saat melakoni laga tandang melawan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020, Jumat, 6 Maret 2020.
0
NASA Berencana Menggali Sumber Air di Bulan
NASA mengatakan bahwa Bulan memiliki bagian-bagian yang tersembunyi dari paparan sinar matahari.