UNTUK INDONESIA
Opick Tombo Ati: Isu Virus Corona Bikin Masjid Sepi
Opick mengungkapkan keresahannya terkait kondisi masjid yang semakin sepi gara-gara virus corona orang takut ke masjid.
Opick Tomboati sebut habbatusaudah bisa sembuhkan terinfeksi virus corona. (Foto: Instagram/opick_tomboati)

Jakarta - Penyanyi religius Opick mengungkapkan keresahannya terkait kondisi masjid yang semakin sepi lantaran masyarakat merasa takut setelah wabah virus corona (Covid-19) dinyatakan masuk ke wilayah Indonesia.

Menurut Opick, virus mematikan yang berasal dari Kota Wuhan, Cina itu tidak hanya membuat masyarakat absen dari kegiatan salat berjamaah, melainkan juga tak lagi mengunjungi masjid untuk melakukan aktivitas keagamaan lain.

"Ada yang berubah dari virus corona ini, akhirnya takut ke masjid, majelis-majelis ilmu, zikir, solat. Takut menular. Perlu disampaikan kepada teman-teman supaya tidak takut," kata Opick kepada Tagar di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

Opick menuturkan, ia merasa resah melihat sepinya jamaah di beberapa kegiatan seperti Tabligh Akbar, Maulid, Istiqomah, karena khawatir tertular virus corona. Dia mengaku takut jika kekhawatiran manusia yang berlebihan justru akan mengurangi keyakinan kepada Tuhan sebagai satu-satunya pemberi perlindungan dan keselamatan.

Padahal kata Opick, keyakinan manusia mulai berkurang kepada Yang Maha Kuasa itulah yang justru akan memberikan dampak lebih menakutkan dari virus corona itu sendiri.

"Yang terpenting jangan sampai corona membuat kita kehilangan iman, karena Allah pelindung, penyelamat," ujar pria 56 tahun itu.

Kendati demikian, pemilik nama llengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus itu juga menganjurkan agar umat Islam di Indonesia tetap waspada dan tidak terlalu menganggap sepele perkara penyebaran virus mematikan tersebut.

"Tetap jangan meremehkan juga. Jangan menghilangkan kewaspadaan. Tapi jangan sampai hilangkan keyakinan kita kepada Allah," ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa langkah yang paling tepat menangkal virus tersebut adalah dengan menjaga kebersihan dan mengonsumsi obat-obat herbal.

"Minum obat-obat herbal atau jamu, habbatussaudah untuk imun. Karena jika imun kita baik, corona tidak akan ada. Juga jaga kebersihan tangan," katanya lagi.

Opick mengatakan, langkah pencegahan seperti itu pula lah yang dia dan santrinya terapkan saat ini, bukan justru meningkatkan rasa panik dengan sebagian informasi yang tengah berkembang ditengah masyarakat.

Baca juga: Hammersonic Festival 2020 Diundur karena Isu Corona

Selain itu, Opick juga menekankan pentingnya edukasi dalam memahami mengenai pencegahan penyebaran virus corona kepada umat Islam dari lingkungan kecil seperti keluarga,. Menurutnya, hal itu bisa tercapai jika umat pandai memilih berita yang tepat dan dari media yang tepat.

"Apa itu virus corona, edukasi keluarga, edukasi dari teman sekitar kita. Yang jelas penularan corona sudah bisa kita pelajari dari media. dari situ kita bisa waspada," tutur pelantun lagu Bila Tiba Waktunya itu. []

Berita terkait
Penyanyi Opick Sebut Habbatussaudah Obat Corona
Penyanyi religius Opick mengatakan Habbatussaudah alias jintan hitam dapat menyembuhkan segala macam penyakit, termasuk virus corona.
Corona di Indonesia, Opick: Takut Hanya kepada Allah
Penyanyi Opick menyarankan kepada masyarakat untuk tidak takut terhadap apapun selain kepada Allah, termasuk soal virus corona.
Corona di Indonesia, J-Rock Tak Takut Gelar Konser
Personel J-Rocks tidak takut menerima tawaran manggung dari berbagai daerah di Tanah Air, meski wabah virus corona telah masuk ke Indonesia.
0
Jadwal Lengkap Imsak dan Buka Puasa 2020 Aceh Timur
Berikut jadwal imsakiyah lengkap Ramadan 1441 Hijriah untuk wilayah Kabupaten Aceh Timur.