Ombudsman Apresiasi Pelayanan PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar Tahun 2022

Kantor Perwakilan Ombudsman mengapresiasi pelayanan yang diberikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar.
Ombudsman Apresiasi Pelayanan PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar Tahun 2022. (Foto: Tagar/Kemenag)

TAGAR.id, Jakarta - Kantor Perwakilan Ombudsman mengapresiasi pelayanan yang diberikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar kepada jemaah haji pada tahan 1443 H/ 2022M ini.

Apresiasi itu disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Selatan Ismu Iskandar kepada Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Ikbal Ismail. Ikut mendampingi Kepala Asisten Pencegahan Muslimin B Putra dan Asisten Pencegahan Fajar Sidiq.

"Berdasarkan hasil pemantauan pelaksanaan, kami apresiasi kepada Kanwil karena telah melaksanakan peraturan yang ada," ungkap Ismu di Kantor Perwakilan yang bertempat di kompleks Alauddin Makassar, Kamis, 29 Sepetember 2022.


Ketika jemaah jatuh di masjid, koordinasi penyelenggaraan ibadah haji untuk penanganan jemaah haji yang sakit cukup baik, tetapi dokter jaga tidak stand by. Itu menjadi catatan kami.


Secara umum, lanjut Ismu, pelaksanaan ibadah haji di embarkasi dan debarkasi Makassar berlangsung baik. Salah satu poin yang cukup fantastik adalah proses on boarding di asrama haji dan langsung menuju ke pesawat tidak lewat jalur bandara.

“Namun, terlepas dari keberhasilan itu kami memiliki beberapa saran untuk tahun depan. Ada 4 saran dari Ombudsman dalam pelaksanaan ibadah haji,” kata Ismu.

Pertama, pada pelaksanaan pelayanan akomodasi dan konsumsi, sebaiknya kebersihan perlu diperhatikan karena masih ditemukan sampah (sisa makanan) yang tidak berada pada tempatnya.

Kedua, ada jemaah yang datang tidak sesuai dengan jadwal yang ada. "Sebaiknya dikomunikasikan kepada Pemda terkait agar jamaah tidak terlalu lelah dan tinggal lama di asrama," saran Ismu.

Ketiga, terkait informasi sistem pelayanan, Ombudsman minta untuk disusun standar pelayanan publik serta mempublikasikannya, baik itu berupa papan informasi maupun informasi di website.

Saran yang terakhir adalah tentang tim kesehatan di mana tim medis tidak standby di lokasi. "Ketika jemaah jatuh di masjid, koordinasi penyelenggaraan ibadah haji untuk penanganan jemaah haji yang sakit cukup baik, tetapi dokter jaga tidak stand by. Itu menjadi catatan kami," tuturnya.

Muslimin menambahkan bahwa ini merupakan bagian saling mengingatkan dan saling menasehati sehingga kami berharap saran layanan ini bisa diperbaiki untuk tahun depan. "Semua ini bisa menjadi mal administrasi bila tidak sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan sendiri," pungkasnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan Ikbal Ismail mengucapkan terima kasih karena tahun ini ada pendampingan dari Ombudsman.

“Sebelumnya (Ombudsman) belum pernah mendampingi kami. Ini akan menjadi evaluasi kami bersama karena kami tidak bisa mengetahui kekurangan kami kecuali pada pihak yang mengawasi," ucap Ikbal.

Pihaknya akan terus memperbaiki dan menyampaikan hal tersebut apabila ada instansi lain yang terkait, seperti kesehatan.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan penyerahan modul saran Ombudsman atas pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi/Debarkasi Makassar. []

Berita terkait
Kemenag Sebut Pembimbing Ibadah Haji Harus Bersertifikat
Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Arsad Hidayat menegaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas layanan manasik.
Kemenag Akan Gelar Temu Tokoh dan Wali Kota Bahas Polemik Gereja Cilegon
Kementerian Agama akan menggelar pertemuan sejumlah tokoh, termasuk dengan Wali Kota Cilegon, untuk membahas penyelesaian polemik Gereja.
Kemenag dan Bank Dunia Perkuat Kerja Sama Program Pendidikan
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi menerima kunjungan delegasi World Bank dalam rangka penguatan dan kesinambungan program kerja sama.
0
Ombudsman Apresiasi Pelayanan PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar Tahun 2022
Kantor Perwakilan Ombudsman mengapresiasi pelayanan yang diberikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar.