UNTUK INDONESIA
Novel His Dark Materials: Serpentine Siap Dirilis
Novel terbaru dalam trilogi His Dark Materials: Serpentine bakal dirilis pada Oktober 2020.
Novel Serpentine karya Philip Pullman akan rilis tahun ini. (Foto: gramedia.com)

Jakarta - Kabar bahagia bagi penikmat novel, kisah terbaru dalam trilogi His Dark Materials karya Philip Pullman masih berlanjut dengan judul Serpentine yang rencananya akan dirilis pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Kabar itu dibenarkan oleh pihak penerbit buku, Penguin Random House pada 9 Juli 2020 lalu. Nantinya, latar kisah buku ini terjadi setelah peristiwa trilogi utama His Dark Materials, namun sebelum peristiwa The Secret Commonwealth, yang merupakan buku kedua dari prekuel trilogi The Book of Dust.

Mengutip informasi dari laman Gramedia, novel Serpentine akan bercerita mengenai kisah Lyra Belacqua saat remaja, di mana ia kembali ke kota Trollesund, tempat ia pertama kali bertemu dengan sosok beruang kuat, Iorek Brynison, dan pengendara balon udara, Lee Scoresby di Northern Lights.

Sementara dalam buku pertama Philip yang berjudul The Book of Dust: La Belle Sauvage, Lyra diceritakan saat masih bayi. Dilanjutkan pada buku kedua yang berjudul The Secret Commonwealth, menceritakan Lyra di masa dewasa.

Novel SerpentineNovel Serpentine karya Philip Pullman akan rilis tahun ini. (Foto: gramedia.com)

Memiliki alur cerita yang runtun membuat Philip ingin menjadikan trilogi ini akhir kisah hidup Lyra.

"Saya tidak ingin terus menerus melakukannya. Saya menceritakan bagian cerita ini karena saya pikir itu perlu diceritakan," kata Philip, dalam wawancaranya dengan BBC, dikutip Tagar pada Minggu, 25 Oktober 2020.

Meski demikian, kisah hidup Lyra masih bisa diikuti setelah diadaptasi ke dalam sebuah film pada 2007 silam dengan diberi judul The Golden Compass, The Subtle Knife, dan The Amber Spyglass.

Tayangan ini dibintangi oleh Nicole Kidman, Daniel Craig, Freddie Highmore, dan Ian Mckellen. Ada juga Dafne Keen, James McAvoy, dan Andrew Scott.

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 1995 silam buku trilogi karya Philip Pullman berjudul His Dark Materials terjual sangat laris dengan 17 juta kopi di seluruh dunia.

Philip awalnya tidak berniat untuk menerbitkan cerita ini. Tujuan awalnya hanya untuk lelang amal atas permintaan khusus dari mantan Direktur National Theater London, Nicholas Hytner.

"Ketika saya menulis Serpentine, saya tidak tahu bahwa saya akan menulis trilogi lain, menunjukkan Lyra sebagai orang dewasa, tetapi dia dan dunianya tidak akan meninggalkan saya sendirian," ujar dia dalam sebuah kesempatan. []

Berita terkait
Esai Sastra Ibnu Wahyudi: Ron Do Bolong dan Janda Bolong
Tengah marak kabar yang bernada agak menistakan nalar waras. Apalagi kalau bukan ihwal tanaman hias yang populer disebut "janda bolong"?
Penyair Amerika Serikat Raih Nobel Kesusastraan 2020
Komite Nobel di Stockholm memberikan hadiah Nobel Kesusastraan 2020 dianugerahkan kepada penyair Amerika Serikat, Loiuse Glück
Ajip Rosidi, Sastrawan yang Peduli Bahasa Daerah
Sastrawan Ajip Rosidi wafat, Rabu malam, 29 Juli 2020. Pemakaman Ajip dilangsungkan di Pabelan, Kabupaten Magelang, Kamis 30 Juli 2020.
0
Novel His Dark Materials: Serpentine Siap Dirilis
Novel terbaru dalam trilogi His Dark Materials: Serpentine bakal dirilis pada Oktober 2020.