Sabang, (Tagar 8/11/2018) - Atlet freedive Indonesia, Nikita Fima Atriyu berhasil memecahkan rekor nasional di ajang Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018 yang digelar di Balohan, Sabang, Aceh. Nikita memecahkan rekor nasional dari disiplin ilmu Constant Weight (CWT) dan disiplin Free Immersion (FIM).

Pada disiplin CWT, Nikita, Minggu 4 November 2018 berhasil memecahkan rekor nasional dengan menyelam hingga kedalaman 43 meter, sehingga memecahkan rekor miliknya sendiri dengan torehan sebelumnya 41 meter.

Pada disiplin FIM, wanita yang berjuluk putri duyung Indonesia ini juga memecahkan rekor nasional milik pribadinya dengan nilai kedalaman mencapai 42 meter. Sebelumnya ia memiliki catatan sejauh 40 meter.

Atas torehan yang diraih, Nikita mengaku sangat senang. Kerja keras selama dua tahun membuahkan hasil gemilang.

"Alhamdulillah, disiplin pertama (CWT) saya menorehkan rekor nasional milik saya sendiri. Tahun lalu hanya 41 meter dan sekarang berhasil mencapai 43 meter. Sedangkan hari ini, saya juga mencatatkan rekor nasional dengan capaian 42 meter, sebelumnya 40 meter," ujar Nikita dalam keterangannya, Rabu (7/11).

Kata Freediver wanita itu, ia baru pertama kali mengikuti event freediving di Sabang sekaligus juga kali pertama menginjakkan kaki di Aceh. Ia juga mengungkapkan cukup puas atas penyelenggaraan kegiatan olahraga yang tergolong baru di Indonesia ini.

"Semoga acara ini lebih baik lagi. Fasilitasnya semakin lengkap. Teman-teman mancanegara juga bilang ke saya, freediving di Sabang tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin. Yang kendala hanya akses internet," kata Nikita.

Seperti diketahui, SFIC merupakan kegiatan kedua yang digelar di Aceh, Sebelumnya, tepatnya tahun lalu, kompetisi ini telah dilaksanakan bersamaan dengan agenda Sail Sabang 2017.

SFIC 2018 diikuti 38 peserta berasal dari 23 negara. Tuan rumah Indonesia menyertakan dua atlet, wanita dan pria yakni Nikita Fima Atriyu dan Galih.

Tiga disiplin ilmu diperlombakan pada SIFC 2018, yakni Constant Weight (CWT) yang diselenggarakan 3-4 November, Free Immersion (FIM) 5-6 November dan Constant Weight no Fins (CNF) pada 7-8 November 2018.

Disiplin Constant Weight (CWT) adalah menyelam sedalam mungkin dan kembali ke permukaan dengan tanpa menggunakan alat bantu mekanik atau tali.

Sedangkan Free Immersion (FIM) ialah menyelam sedalam mungkin dengan tanpa menggunakan fin (kaki katak) dan kita menggunakan bantuan tali untuk menarik diri kita ke bawah dan ke atas.

Kemudian untuk Constant Weight no Fins (CNF) adalah menyelam sedalam mungkin dan kembali ke permukaan tanpa menggunakan kaki katak dan hanya diperbolehkan sekali memegang tali saat naik ke permukaan. []