UNTUK INDONESIA
Nazar Hanung Bramantyo Lewat Film Mekah I'm Coming
Produser film Hanung Bramantyo mengucapkan nazar akan membantu korban penipuan biro travel untuk Umroh jika penonton Mekah Im Coming capai 1 juta.
Sutradara Hanung Bramantyo saat ditemui Tagar di CGV Grand Indonesia. (Foto: Tagar/ Eno Suratno Wongsodimedjo)

Jakarta - Produser film Hanung Bramantyo mengucapkan janji alias nazar untuk membantu korban penipuan biro travel untuk Umroh jika penonton film proyeknya dengan Jeihan Angga berjudul Mekah I'm Coming, mencapai satu juta penonton atau tembus Box Office.

Dalam film yang dibintangi Rizky Nazar dan Michelle Ziudith itu sendiri, cerita memang berfokus mengenai banyaknya korban penipuan biro travel umrah dan haji. Pengalaman dan cerita buruk tersebut, kemudian dijalin menjadi titik komedi yang menjadi punggung cerita dalam film tersebut.

"Ketika pertama kali membuat film ini, saya sama Jeihan bernazar jika tembus satu juta penonton paling tidak bisa umrah bareng mereka. Kalau haji enggak mungkin karena harus antre panjang. Jadi palingan umrah bersama korban travel tidak profesional," kata Hanung ditemui di CGV Cinemas Grand Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Februari 2020.

Namun begitu, Hanung berencana untuk mengajak korban penipuan travel dengan kriteria tertentu, yakni memilih lima calon jemaah umroh dari daerah terpencil, terutama korban yang tergolong kurang mampu dan sudah lanjut usia.

"Ada yang dari Sumatera, Papua, tapi kami pilih yang umurnya tua. Itu prioritas utama. Karena rasanya akan luar biasa sedihnya ketika mereka yang sudah berharap dan menabung tapi kena tipu," ujar suami Zaskia Adya Mecca itu.

Janji itu terwujud tergantung pada jumlah penonton film yang dijadwalkan tayang pada 5 Maret 2020 mendatang. Dia menargetkan jumlah penonton dua sampai tiga juta atau setidaknya masuk film Box Office.

"Berapa orang tergantung jumlah penontonnya. Pastinya tidak hanya satu orang, tetapi apakah jumlahnya lima atau enam tergantung hasil akhirnya. Saya enggak muluk-muluk, dua-tiga juta, enggak sampai segitunya. Setidaknya film ini box office. Karena kami menghadirkan sesuatu yang baru, punya misi yang bagus," ucap ayah empat anak itu.

Hanung mengungkapkan, ia sengaja bernazar lewat film ini karena sinema yang digarap Dapur Film dan MD Pictures ini memang menceritakan seorang pemuda bernama Eddy terkena tipu agen travel umroh.

Baca juga: Sinopsis Film Mekah I'm Coming, Naik Haji Demi Cinta

Hanung sengaja mengangkat kisah tentang kasus penipuan biro travel nakal terhadap calon jemaah Indonesia sudah berlangsung lama, dan membuatnya sebagai tayangan komedi satir.

"Saya mengemas film ini, bagaimana film ini cermin dan sering terjadi pada siapapun, ketika orang memanfaatkan ibadah untuk kepentingan yang sifatnya duniawi," tutur Hanung. []

Berita terkait
Sinopsis Film Bucin, Kisah Tiga Pria Budak Cinta
Film terbaru Rafi Films, Bucin mengisahkan empat pria bersahabat yang diperbudak cinta oleh pasangan mereka masing-masing.
Film Mulan Berpotensi Besar Mendapat Rating PG-13
Film aksi Mulan, berpotensi besar menjadi film remake live-action pertama Disney yang mendapatkan kategori rating PG-13.
Sinopsis Tarung Sarung, Cinta dan Asa si Anak Bugis
Film aksi Tarung Sarung bakal mengangkat salah satu budaya lokal dari suku Bugis.
0
Fahira Idris Bakal Laporkan Muannas Alaidid
Kuasa hukum Fahira Idris, Aldwin Rahadian mengatakan pihaknya akan melaporkan politikus PSI Muannas Alaidid.