UNTUK INDONESIA
NasDem Puji Usulan Polsek Tidak Tangani Kasus Pidana
Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem, Taufik Basari, menyambut baik usulan yang menyebut Polsek tidak menangani langsung kasus pidana.
Ilustrasi Polsek.

Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem, Taufik Basari, menyambut baik usulan Menkopolhukam Mahfud MD yang menyebut Kepolisian Sektor (Polsek) tidak menangani langsung kasus tindak pidana. Menurut dia, usulan itu bagus meski harus dilakukan diskusi yang mendalam terlebih dulu terkait penanganannya.

"Sebagai suatu usulan untuk bahan diskusi, usulan Prof Mahfud ini baik sekali. Tugas penyelidikan dan penyidikan bisa di-handle langsung oleh Satuan Serse di bawah kendali Kepolisian Resor (Polres), bukan ditangani tingkat Polsek," kata dia kepada Tagar, Kamis 20 Februari 2020.

Taufik mengatakan, jika usulan tersebut benar diaplikasikan, harus dilakukan peningkatan terhadap jumlah personel di Polda dan Polres guna untuk memaksimalkan kinerja aparat penegak hukum.

"Konsekuensinya perlu ada peningkatan jumlah dan kapasitas serta kapabilitas personel reskrim di masing polres," ujarnya.

Selain untuk meningkatkan kinerja, jumlah personel yang banyak agar dapat mencakup seluruh lokasi yang terbilang cukup luas. Pun begitu, usulan ini juga diharuskan melakukan diskusi dan pertimbangan yang tepat.

"Sebab, jangkauan tugas satuan reskrim polres menjadi sangat luas. Tantangannya saat ini adalah selain kesiapan personel juga luasnya wilayah geografi negara kita. Sehingga tidak mudah mewujudkan usulan ini meskipun patut untuk didiskusikan dan dipertimbangkan," ucapnya.

Selanjutnya, Taufik menilai lokasi dan kondisi masyarakat juga harus menjadi pertimbangan. Pasalnya, di Indonesia masih banyak pemukiman warga yang jauh dan menjadi kesulitan tersendiri jika harus melaporkan segala sesuatu ke Polda maupun Polres.

"Iya itu juga tantangannya," kata Taufik Basari. []

Berita terkait
Polsek Tak Menangani Pidana, Golkar Tepis Ide Mahfud
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Supriansa tidak menyetujui ide Ketua Kompolnas Mahfud Md soal Polsek tidak menangani kasus pidana.
Polri Kaji Gagasan Mahfud Md Soal Keadilan Hukum
Kepolisian RI (Polri) menyambut baik usulan Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud Md ke Presiden Jokowi soal keadilan hukum.
Mahfud Md Usulkan ke Jokowi Soal Keadilan Hukum
Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud Md mengatakan telah memberikan usulan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal keadilan hukum.
0
Amankan Akun Tokopedia Anda, Begini Caranya
Tokopedia sedang mengalami masalah keamanan. Bagi Anda yang memiliki akun, sebaiknya mengamankannya dengan melakukan sejumlah cara.