Semarang, (Tagar 25/8/2018) - Naik kereta serasa berada dalam rumah. Desain ruangannya luas dengan cita rasa mewah. LCD TV layar sentuh ada di setiap kursi, juga ada meja portable dan tersedia power socket sehingga tidak perlu khawatir kalau harus menyelesaikan pekerjaan dalam perjalanan. 

Sebanyak 28 kursi ergonomis dengan ruang kaki yang lapang membuat penumpang dapat bersantai dan merasa sangat nyaman. Fasilitas lain di antaranya karaoke, mini bar, ruang bagasi berkapasitas 20 kg dan toilet.

Itu yang ditawarkan KA Argo Muria Kelas Priority.

"Jadi perjalanan jauh tidak terasa, plus penumpang dapat menikmati pemandangan alam sepanjang pantura dengan rileks," ujar Suprapto Manager Humas PT KAI Daerah Operasi IV Semarang, Sabtu (25/8).

"Semoga peningkatan layanan transportasi kereta api ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan ke Jawa Tengah, khususnya di koridor pantura seperti Pekalongan dan Semarang," lanjutnya.

KA Argo Muria Kelas Priority pada hari biasa harga tiket Rp 480.000, akhir pekan Rp 700.000.

"Tiket dapat diperoleh di stasiun kereta dan channel  distribusi KAI lainnya," ujar Suprapto.

KA Muria PriorityManajemen PT KA Pariwisata dan PT KAI mengenalkan leyanan reguler KA Argo Muria Priority di Semarang, Sabtu (25/8/2018). (Foto: Tagar/Agus Joko Mulyono)

Sebelumnya kereta wisata prioritas Semarang-Jakarta PP ini beroperasi pada akhir pekan saja. Setelah melihat antusiasme masyarakat, kereta ini mulai Senin (27/8) dioperasikan setiap hari.

Sepanjang 2,5 bulan terakhir dalam layanan akhir pekan saja, rata-rata jumlah penumpang di atas 80 persen. Dalam momen-momen tertentu seperti akhir pekan panjang, kereta kelas prioritas ini sampai kewalahan melayani permintaan.

Hal itu disampaikan GM Marketing PT KA Pariwisata Parevin Marhaenianto.

"Ada masukan, permintaan dari rekan-rekan pegiat wisata maupun biro wisata agar durasi pelayanan Priority ditambah. Banyak konsumen mereka, tentunya dari kalangan wisatawan yang ingin menikmati paket wisata bersama Priority," ujar Parevin.

Jadwal keberangkatan KA Argo Muria Priority Semarang-Jakarta dari Stasiun Tawang pukul 16.00 Wib, tiba di Stasiun Gambir pukul 22.08 Wib. Untuk rute sebaliknya, dari Stasiun Gambir pukul 07.00 Wib, sampai Tawang puku 13.00 Wib. Sepanjang perjalanan, kereta berhenti di Stasiun Cirebon, Tegal, dan Pekalongan.

KA Argo Muria kelas Priority ini melengkapi kelas sejenis yang sudah dioperasikan PT KA Pariwisata dan PT Kereta Api Indonesia. Sebelumnya telah dioperasikan gerbong dengan layanan standar eksklusif tiap hari, rute Jakarta-Bandung PP, Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Surabaya PP.

"Mimpinya, kami ingin nanti ada paket wisata, satu rangkaian kereta wisata, Train of Java. Bisa dalam bentuk paket keliling Jawa atau stop and go, berangkat dan berhenti di titik tertentu sesuai keinginan wisatawan," ujar Parevin. []