UNTUK INDONESIA
Moeldoko dan PDIP Komentari Keinginan Rizieq Pulang
Moeldoko menyatakan ada persoalan lebih besar daripada syarat rekonsiliasi yang Salah 1 syaratnya memulangkan Rizieq.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa 7 Mei 2019. (Foto: Antara/Bayu Prasetyo)

Jakarta - Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan ada persoalan yang lebih besar daripada mengurus persyaratan rekonsiliasi kubu Prabowo dan Jokowi dari Gerindra. Salah satu syarat rekonsiliasi adalah memulangkan Rizieq Shihab ke Tanah Air.

"Kan sudah saya katakan kemarin, apakah rekonsiliasi itu penting? Ada persoalan bangsa yang lebih besar," kata Moeldoko usai rapat terbatas kabinet di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 10 Juli 2019, seperti dilansir dari Antara.

 Dia memandang hanya elit politik yang ribut, sedangkan masyarakat di tingkat sudah tenang-tenang saja menerima hasil Pemilu 2019.

Sebelumnya, Gerindra mengajukan syarat rekonsiliasi yaitu pemerintah memulangkan Rizieq Shihab

"Ya siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi pergi sendiri ko dipulangin, gimana si? Emangnya kita yang ngusir, kan enggak," kata mantan Panglima TNI itu

Moeldoko melanjutkan kalau dia tidak bisa menjawab tentang status hukum Rizieq saat kembali ke Indonesia

PDIP: Proses Hukum Tetap Harus Berjalan

Senada dengan Moeldoko, tokoh PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Puan Maharani mengatakan Rizieq pergi sendiri, jadi harus pulang sendiri. Sedangkan proses hukumnya juga juga harus tetap berjalan.

"Proses hukum tetap berjalan, jalanin saja, sekarang memang tetap berjalan kan proses hukumnya," katanya.

Mengenai pertemuan Jokowi-Prabowo, Puan mengatakan itu perlu dilaksanakan demi persatuan bangsa.

"Yang pasti pemilu sudah selesai, sudah sebaiknya kita kemudian bisa bersatu untuk menjaga Indonesia ini aman, tentram dan sejahtera," katanya.

Pisahkan Persoalan Politik dan Hukuman Rizieq

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menilai isu Rizieq Shihab dalam rekonsiliasi harus dipisahkan antara persoalan politik dan hukum.

Persoalan politik tentang pemulangan Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi dari kubu Prabowo-Sandi.

"Kalau masalah hukum punya mekanisme sendiri, bisa diajukan upaya hukum. Kita harus bisa memisahkan persoalan politik dan hukum jangan diintervensi," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia menyatakan kalau Rizieq ingin kembali ke Indonesia harus disambut dengan baik, tapi kasus hukum harus dihadapi.

Rizieq Syarat Gerindra

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan salah satu syarat rekonsiliasi adalah pemulangan Rizieq Shihab dan pembebasan para tokoh yang ditahan kepolisian akibat perbedaan pandangan politik pada Pemilihan Umum 2019.

Dia menilai langkah itu bisa mengurangi ketegangan di tengah masyarakat . []


Berita terkait
0
PSM Makassar Pesta Gol Saat Lawan Persipura Jayapura
PSM Makassar tampil gemilang saat meraih kemenangan besar 4-0 atas Persipura Jayapura di pertandingan Shopee Liga 1 2019, Senin 18 November 2019.