Yogyakarta (Tagar 18/4/2018)  - Tim Semar UGM mampu membuat mobil hemat energi. Mobil yang dikenal dengan nama Semar ini siap berlaga di level internasional di Inggris dalam Driver's World Championship (DWC), 8 Juli 2018 mendatang.

Manager Tim SEMAR UGM, Antonius Adhika A mengatakan, Mobil Semar pada Maret 2018 lalu menyabet juara pertama kategori urban dalam DWC tingkat Asia di Singapura. "Setelah itu kita akan berkompetisi melawan tim-tim tangguh dari Eropa dan Amerika di Inggris," katanya dalam konferensi pers di UGM, Selasa (17/4).

Dia menjelaskan, Mobil Semar memiliki berat 80 kilogram (Kg). Mobil berkonsep city car ini merupakan mobil irit bahan bakar. "Dengan bahan bakar bensin mampu menempuh jarak hingga 267 kilometer per liter," tegasnya.

Menurut pembimbing Tim SEMAR UGM Jayan Sentanuhady, tim Semar UGM menurunkan sembilan orang pada kompetisi DWC di London. "Semoga tim meraih hasil terbaik sehingga membanggakan UGM dan Indonesia di mata dunia," ungkapnya.

Dia mengatakan, ajang DWC merupakan kompetisi otomatif tingkat mahasiswa paling bergengsi di dunia. Mobil tidak hanya diuji dalam hal kecepatan saja, namun di kompetisi ini juga diuji hemat bahan bakar. "Irit tapi cepat," imbuhnya.

Jayan mengatakan, upaya untuk menuju kesempurnaan mobil terus dilakukan. Hal yang dilakukan antara lain memadukan ketangguhan mesin, kenyamanan mengemudi, irit bahan bakar dan lainnya. "Kita padukan semuanya agar mobil ini meraih hasil terbaik," ungkapnya. (ans)