Jakarta - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) tengah berfokus untuk pengerahan daya manajemennya di pasar regional ASEAN. Salah satu negara yang menjadi incaran mereka adalah Indonesia, bahkan Mitsubishi telah meningkatkan pangsa pasar mereka menjadi lebih dari 11 persen.
Peningkatan pangsa ini akan difokuskan dalam blue print bertajuk Small but Beautiful yang ditujukan untuk rasionalisasi biaya dan peningkatan profitabilitas yang bertujuan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan yang masuk dalam skala bisnis menengah tiga tahunan dari fiskal 2020 hingga 2022.
Untuk rencana jangka menengah, MMC akan mempersiapkan penyesuaian lini bisnisnya dan berfokus pada pertumbuhan profit di wilayah incaran mereka, termasuk Indonesia yang dinilai produk-produknya memiliki kekuatan pasar.
Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi Indonesia, yakni PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) menyambut baik rencana yang akan dijalankan MMC. Hal tersebut dianggap bisa menjadi peluang untuk terus mengembangkan bisnis di pasar otomotif Tanah Air.
“Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi MMKSI untuk bertumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC. Kami telah memperkenalkan produk-produk unggulan Mitsubishi Motors di Indonesia dengan penerimaan pasar yang cukup baik," kata President Director PT MMKSI Naoya Nakamura di Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020.
Saat ini, MMKSI mengandalkan produk Small MPV Xpander untuk membawa perubahan di segmennya. Kemudian ada juga Pajero Sport yang saat ini memegang pangsa rerata lebih dari 40 persen. Sementara untuk wilayah ASEAN, MMC akan memperkuat jajaran model ramah lingkungan seperti PHEV dan EV, dan akan memperkenalkan model baru dari segmen SUV, truk pick-up, dan MPV, mulai dari tahun fiskal 2022 hingga seterusnya.[]