UNTUK INDONESIA
Misi Kemenangan Ketiga PSM Lawan Persita Tangerang
PSM Makassar optimistis menang saat melakoni laga tandang melawan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020, Jumat, 6 Maret 2020.
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak optimistis menang saat melakoni laga tandang melawan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, Jumat, 6 Maret 2020. (Foto: PSM Makassar)

Tangerang - PSM Makassar optimistis meraih kemenangan saat melakoni laga tandang melawan tuan rumah Persita Tangerang di kompetisi Shopee Liga 1 di Stadion Utama Sport Center Kelapa Dua, Tangerang, Jumat, 6 Maret 2020. PSM telah memenangkan dua laga berturut-turut dan kini mereka mengusung misi melanjutkan tren positif itu.  

Pasukan Ramang yang bertandang ke markas Persita dengan memboyong 20 pemain mempunyai misi meraih hasil maksimal. Meski demikian, PSM tak meremehkan tim promosi. Pelatih Bojan Hodak sudah memperkirakan menghadapi permainan ketat dari tuan rumah yang akan tampil menyerang.

"Ini akan menjadi laga yang ketat. Kami sudah melihat rekaman laga pertama Persita saat meraih poin setelah bermain imbang 0-0 di kandang Bali United. Padahal lawannya adalah juara bertahan," kata Hodak di Tangerang, Kamis, 5 Maret 2020. 

Sejauh ini kami sudah memainkan dua laga tandang di ajang Piala AFC. Kami menang dan kalah sekali

"Persita memiliki organisasi permainan yang rapi. Pelatihnya juga menunjukkan kinerja yang sangat baik. Namun kami tetap ingin menang sehingga kami harus percaya diri untuk meraih hasil baik," ujar dia lagi. 

Pelatih asal Kroasia ini membawa misi tak mudah saat tim melakoni laga tandang. Dia berusaha mengubah mentalitas pemain yang tak pernah mampu meraih kemenangan di kandang lawan. Ini menjadi pencapaian buruk tim Juku Eja. Hal tersebut yang ingin dirombak oleh Hodak untuk memberikan hasil maksimal di laga tandang melawan Persita.

"Sejauh ini kami sudah memainkan dua laga tandang di ajang Piala AFC. Kami menang dan kalah sekali. Soal itu baru bisa dilihat pada laga melawan Persita. Kesimpulannya baru bisa diambil setelah laga," kata Hodak saat menanggapi pencapaian buruk tim di musim lalu.
 
Menghadapi Persita, bukan tanpa alasan bila Hodak tak meremehkan tuan rumah. Menurut dia, tim dari Liga 2 itu telah menjelma menjadi kekuatan anyar di Liga 1 karena memiliki empat pemain asing yang berkualitas yang bagus. Menurut Hodak yang harus diwaspadai adalah bagaimana mengantisipasi alur serangan yang diterapkan pelatih Persita untuk membongkar pertahanan PSM.

"Persita memiliki empat pemain asing yang kuat. Terutama penyerangnya yang kuat menahan bola dan mampu menciptakan peluang. Tentu dia membahayakan pertahanan kami," ujar dia menerangkan. 

Mantan pelatih tim nasional Malaysia U-19 ini juga memberi perhatian kepada kapten Hamka Hamzah. Menurut dia pengalaman dan senioritas Hamka mampu mengangkat kepercayaan diri pemain lain. 

"Pemain lokal mereka tidak kalah bagus dan kuat merebut bola. Tim memiliki kapten Hamka Hamzah yang berpengalaman dan bagus dalam penguasaan bola. Dia mampu meningkatkan kepercayaan diri lini belakang," kata Hodak. 

"Kipernya juga sangat baik. Tapi kami juga memiliki pemain berkualitas yang tentu tahu cara menahan mereka," ucap dia memungkasi.

Laga Lawan Persita Bakal Ketat

Sementara, penyerang Ferdinand Sinaga mengatakan bahwa pertandingan melawan Persita akan berjalan ketat dan keras. Menurut dia seluruh pemain sudah menghadapi tuan rumah.
 
"Laga bakal sangat menarik karena PSM sudah lama tak berjumpa dengan Persita. Tapi seperti laga-laga sebelumnya, kami semua pemain selalu siap," kata Ferdinand.

Laga tandang pertama ini akan menjadi ujian PSM. Musim lalu, tim membuat sejarah tidak pernah sekalipun meraih kemenangan saat away

Kini, kehadiran pelatih asal Kroasia ini diharapkan menerbitkan harapan baru dan perubahan bagi PSM. Tim menargetkan menjalani laga tandang dengan hasil yang lebih baik musim ini.
 
"Kami tidak ingin mengingat kondisi buruk yang dialami PSM pada musim lalu. Ketika pelatih Bojan datang, yang pertama diperbaiki ialah mental berlaga di laga kandang dan tandang secara khusus. Semua pemain, termasuk yang baru bergabung juga sudah mengubah cara pandangnya," kata Ferdinand. 

"Mental kami sudah berubah, mulai dari play-off Piala AFC hingga laga pertama di liga, kami berhasil meraih hasil baik. Hasil itu membuat mental kami semakin hari semakin bagus untuk laga tandang ini," ujar top scorer klub dengan mengoleksi 8 gol di berbagai kompetisi ini menegaskan. []

Berita terkait
Menang di 2 Laga Modal PSM Lawan Persita Tangerang
PSM Makassar sedang on fire. Kemenangan pada 2 laga terakhir menjadi modal berharga PSM untuk menghadapi Persita Tangerang di Shopee Liga 1.
PSM Makassar Awali Liga 1 dengan Kemenangan Atas PSS
PSM Makassar mengawali kompetisi Shopee Liga 1 2020 dengan meraih kemenangan 2-1 atas PSS Sleman, Minggu, 1 Maret 2020.
PSM Makassar Waspadai Striker PSS Sleman di Liga 1
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak memberi perhatian kepada striker PSS Sleman Yevhen Bokhashvili dalam duel Liga 1 2020, Minggu, 1 Maret 2020.
0
Pulang dari Zona Merah, 1 Warga Samosir ODP Covid-19
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Samosir, menetapkan seorang wanita sebagai ODP.