UNTUK INDONESIA

Mira Tayyiba Kominfo: Kartini Patahkan Stereotipe Teknologi Dunia Pria

Mira Tayyiba Sekjen Kemenkominfo mengatakan para kartini masa kini telah mematahkan stereotip teknologi informasi digital adalah dunia pria.
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba. (Foto: Tagar/Kemenkominfo)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong wanita Indonesia menerjemahkan semangat Kartini, tangguh dalam berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Di Kemenkominfo sendiri, 19 persen wanita menempati posisi-posisi penting. Angka itu akan terus bertambah ke depannya. Stereotip teknologi adalah dunia pria sudah dipatahkan.

Kehadiran wanita sebagai pimpinan tinggi, baik Madya maupun Pratama Kementerian Kominfo saat ini mencapai sekitar 19 persen.


Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dalam webinar Peran Wanita dalam Era Transformasi Digital, digelar khusus memperingati Hari Kartini, Selasa, 20 April 2021. 

“Kita banyak mendengar dan melihat bagaimana wanita sangat berperan dalam menjaga ketahanan keluarga terutama pada masa pandemi Covid-19 ini dengan bantuan teknologi digital. Jika dahulu Kartini berliterasi melalui surat, di era digital ini para Kartini modern dapat mengembangkan dunianya melalui teknologi digital,” tutur Mira.

Raden Ajeng Kartini, kata Mira, semangat juangnya, pemikirannya, sangat berpengaruh dalam menyuarakan hak wanita, berpengaruh dalam mengembangkan potensi diri dalam menekuni kemahiran profesional.

“Semangat itu terus bergelora pada setiap generasi. Bentuk implementasinya pun terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Kali ini menerjemahkan semangat tersebut ke dalam kondisi masa kini, di mana wanita harus mampu mengambil peran di segala bidang dan ilmu pengetahuan, serta mampu beradaptasi dan memberikan inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujar Mira.



RA KartiniFakta Hari Kartini. (Dok Tagar)


Pada masa pandemi, kata Mira, para wanita menjaga ketahanan keluarga, mengerjakan banyak hal, multi-tasking. "Menjadi guru dan mendampingi anak yang masih harus belajar dari rumah, school from home, sambil tetap melakukan video conference dan menyelesaikan pekerjaan kantor sesuai tenggat waktu. Atau bagaimana para wanita dengan kreativitasnya mencoba bisnis secara online. Itulah wanita Indonesia, wanita yang tangguh.”

Bahkan wanita sekarang, kata Mira, juga sudah banyak yang berkiprah dalam bidang teknologi informasi digital yang mungkin selama ini dipersepsikan atau distereotipkan sebagai dunia laki-laki.

Data World Economic Forum 2021 menunjukkan wanita hanya mengisi 14 persen dari total pekerja di sektor komputasi awan (cloud computing) dan 32 persen di sektor data dan kecerdasan artifisial.

Mira mengatakan ketimpangan gender memang rentan terjadi di sektor-sektor yang membutuhkan keterampilan teknologi digital mutakhir. Namun, hal itu menurutnya sedikit terkikis, terutama di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kehadiran wanita sebagai pimpinan tinggi, baik Madya maupun Pratama Kementerian Kominfo saat ini mencapai sekitar 19 persen. Saya berkeyakinan angka ini akan terus bertambah seiring banyaknya tokoh wanita di bidang teknologi digital yang menginspirasi, seperti para Ibu yang hadir hari ini,” tutur Mira.

Bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April. Raden Ajeng Kartini adalah tokoh perempuan yang pikirannya visioner melampaui zamannya. Ia menginspirasi wanita Indonesia untuk menggali potensi dirinya semaksimal mungkin, sejauh apa yang bisa dicapai. Bahwa wanita tidak sekadar berperan di lingkup domestik, urusan rumah tangga saja, atau istilah Jawanya: dapur, pupur, dan kasur. Wanita bukan hanya urusan memasak, berdandan, dan teman tidur. Wanita bisa menjadi apa saja sejauh usaha yang dilakukannya. 


Baca juga: Biografi Ibu Kita Kartini, Pendekar Wanita Indonesia




Berita terkait
Senyum Kartini di Tengah Muram Pandemi Covid-19
Di tengah muram pandemi Covid-19, senyum terulas di bibir Hilda Agustini, dara berjiwa Kartini yang tak takut bermimpi setinggi bintang di langit.
Serat Kartini, Kerinduan Ganjar akan Sosok Perempuan Kritis
Serat Kartini, sebuah sekolah yang mempresentasikan kerinduan Ganjar Pranowo akan sosok perempuan visione yang kritis dan tangguh.
Kutipan Inspiratif RA Kartini
Kalimat bijak RA Kartini diterbitkan dalam buku Habis gelap terbitlah terang. Maknanya relevan bagi perempuan sepanjang zaman. Lintas generasi.
0
Mira Tayyiba Kominfo: Kartini Patahkan Stereotipe Teknologi Dunia Pria
Mira Tayyiba Sekjen Kemenkominfo mengatakan para kartini masa kini telah mematahkan stereotip teknologi informasi digital adalah dunia pria.