Karawang, (Tagar 12/2/2018) – Seorang pelaku teror berinisial DP yang akan meledakkan Klenteng Kwan Tee Koe di Jalan Ir H Juanda, Karawang berhasil ditangkap Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Pelaku berinisial DP ditangkap di rumahnya, di Babakan Sananga, Adiarsa, Karawang Barat," kata Kapolres AKBP Hendy F Kurniawan di Karawang, Senin (12/2).

Ia mengatakan, penangkapan itu dilakukan setelah polisi menerima laporan dari pihak Klenteng yan mendapat ancaman. Pelaku mengancam akan meledakkan klenteng yang berada di pusat kota Karawang menjelang Imlek.

Ancaman tersebut tercantum dalam tulisan di kertas yang disampaikan secara langsung oleh pelaku.

Kapolres mengaku mendapatkan ancaman teror bom dari pihak klenteng pada Minggu (11/2) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Kemudian polisi melakukan penyelidikan dan mengungkap pelaku teror bom serta melakukan penangkapan pada Senin (12/2) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

"Pelaku ditangkap di rumahnya," kata dia.

Dari penangkapan itu, polisi menyita buku dan tulisan teror kepada pengurus klenteng yang bernada ancaman meminta uang Rp 63 juta yang harus ditransferkan ke rekening. Jika tidak melakukan transfer, maka klenteng itu akan diledakkan.

Pada saat penggeledahan di rumah pelaku, polisi juga menemukan sejumlah barang bukti buku rekening dan buku yang bertuliskan ujaran kebencian terhadap polisi.

Atas perbuatannya, pelaku diancam Pasal 6 Undang-Undang Terorisme, maksimal 20 tahun kurungan penjara 20 tahun atau hukuman mati. (ant/yps)