Indonesia
Menuju Surplus Energi Pembangunan PLTMH Digenjot di Tapanuli Utara
Dinilai modal vital mendukung pengembangan suatu daerah.
Agenda groundbreaking pembangunan PLTMH di Desa Simasom dan desa Simasom Toruan, Kecamatan Pahae Julu oleh Bupati Tapanuli Utara, GM PT PLN Wilayah Sumut dan rombongan, Senin (11/2). (Foto : Tagar/Jumpa P Manullang)

Tapanuli Utara, (Tagar 12/2/2019) - Sumber energi terbarukan dari Kabupaten Tapanuli Utara terus digali selain energi panas bumi (geothermal) konversi potensi energi arus sungai pun sedang di eksplorasi.

Pembangunan Pembangkit Listrik Hidro Mikro (PLTH) di sejumlah kecamatan di Tapanuli Utara saat ini sedang berjalan.

Salah satunya kapasitas produksi 2x5 megawatt dibangun di dua desa Simasom dan desa Simasom Toruan, Kecamatan Pahae Julu, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan di tengah agenda groundbreaking pembangunan PLTM Batang Toru 3 menyebut energi listrik merupakan modal yang sangat vital mendukung pengembangan suatu daerah.

"Produksi energi listrik ini merupakan modal awal kita untuk membangun Tapanuli Utara, kecukupan energi yang kita miliki ini nantinya akan mampu mendukung sektor lain, termasuk berdirinya pabrik hilir agar hasil produksi dari Tapanuli Utara bukan lagi sekedar barang setengah jadi. Namun sudah dalam bentuk barang jadi," sebut Nikson kepada Tagar News, Selasa (12/2).

Baca juga: Danau Toba Tercemar Limbah KJA? Pemprovsu Didorong Cabut Izin PT Aquafarm

Apresiasi kepada masyarakat dua desa pun dilontarkan Nikson Nababan yang telah memberi ruang pembangunan itu.

"Saya yakin masyarakat akan memperoleh manfaat yang besar atas adanya pembangunan ini. Kita berjuang bersama untuk mewujudkan Tapanuli Utara mandiri dan berdikari," ujarnya.

Dalam agenda tersebut Bupati bersama para undangan melaksanakan pengguntingan pita sebagai pertanda resminya pembangunan pembangkit listrik terbarukan di desa Siamasom dan Simasom Toruan.

Paparan General Manager PT PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Prihartono, menyebut kelak PLMTH ini berproduksi, bakal mampu mencukupi kebutuhan listrik Tapanuli Utara.

"Untuk mendukung listrik murah yang merupakan program Presiden RI Joko Widodo, PLN berupaya untuk mengembangkan energi baru terbarukan," papar Joko Prihartono.

Agenda'groundbreaking turut dihadiri GM Divisi Pembangkit PT Brata Indonesia Imam Rehatsyah, Direktur PT Berkah Alam Lestari Djani Sutedja, Dandim 0210/TU Letkol Inf Ryco J Siagian, pimpinan OPD serta sejumlah perwakilan masyarakat setempat. []

Berita terkait
0
Anggun C. Sasmi Dihujat Karena Ustaz Abdul Somad
Anggun Cipta Sasmi, penyanyi asal Indonesia yang go internasional dikritik warganet seusai unggah foto Ustaz Abdul Somad dan Meliana.